ACT

Usul Penutupan Perbatasan Banjarmasin Ditolak

0 12.911

RENCANA Pemkot Banjarmasin memperketat akses keluar-masuk Kota Banjarmasin demi menghentikan laju sebaran Virus Corona, tak bisa dilaksanakan. Namun demikian, ada beberapa solusi lain yang berasil disepakati dalam rapat Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) yang berlangsung sekitar satu setengah jam di Kantor Dinas Perhubungan Banjarmasin, Rabu (1/4/2020) sore.

RAPAT Forum LLAJ ini dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Pehubungan Ichwan Noor Chalik, diikuti Perwakilan Satpol PP, Kasatlantas Polresta Banjarmasin, serta Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin.

Seperti yang sudah diberitakan sebelumnya, Dishub berencana akan menutup dua titik perbatasan akses keluar-masuk Kota Banjarmasin. Yakni di Jalan Achmad Yani Km 6 dan Jalan Trans Kalimantan (Handil Bakti).

BACA : Tergantung Hasil Rapat Terbatas, Banjarmasin Berencana Putuskan Lockdown

Namun, hal tersebut gagal terlaksana karena kondisi yang dianggap tidak memungkinkan. Saat ditemui jejakrekam.com seusai rapat, Ichwan Noor Chalik menerangkan, rencana yang sebelumnya ingin menutup dua perbatasan Kota itu ditolak oleh forum.

“Hasil rapat tadi bahwa pada prinsipnya rencana memperketat akses masuk di Pal 6 dan Handil Bakti tidak mungkin bisa dilaksanakan,” katanya.

Sebenarnya, beber Ichwan, ia sudah memberikan dua pilihan saran untuk memperketat akses keluar-masuk Kota Banjarmasin. Pertama, sesuai rencana sebelumnya, yakni menutup beberapa perbatasan kota. Namun hal itu ditolak, karena hanya Presiden yang memiliki kewenangan tersebut.

Kedua, ia memberikan saran untuk melakukan pengecekan suhu tubuh pada setiap pengendara yang melewati kawasan Pal 6. Lagi-lagi saran tersebut dianggap sangat rawan dan berpotensi mengundang kemacetan yang panjang.

BACA LAGI : Cegah Corona, Kapolda Kalsel Terapkan Tegas Maklumat Kapolri Di Lapangan

Sebagai gantinya, pihak Pemkot Banjarmasin hanya akan melakukan pengecekan suhu tubuh menggunakan thermal scanner di Terminal Pal 6 dan berkoordinasi dengan Dishub Provinsi Kalsel.

“Selain itu, kami nanti juga akan gencar melakukan sosialisasi dan meminta masyarakat untuk selalu memakai masker,” ujarnya.

Ichwan menyatakan akan menyampaikan dan memaparkan hasil rapat hari kepada kepada Walikota Ibnu Sina dan Wakil Walikota Hermansyah.(jejakrekam)

Penulis M Syaiful Riki
Editor Almin Hatta
Tidak ada komentar
  1. guntur berkata

    ulun umpat betakun aja..dimana supaya kawa menukar masker..smp wayah ini kd sing dapataan..jd pake baju kaos aja dipulilitakan di hidung smp muntung. serumahhan kami kd sing beisian..tuhuk dah becari. tereimakasih

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.