ACT

Kabupaten Banjar Catat 118 ODP, 23 di Antaranya Peserta Ijtima Jamaah Tabligh

0 268

USAI tiga warga Kabupaten Banjar dikonfirmasi positif terinfeksi virus Corona (Covid-19), Pemkab Banjar mencatat kini ada 118 warganya dinyatakan masuk daftar orang dalam pemantauan (ODP) per Selasa (31/3/2020) pukul 16.00 Wita.

DARI 118 ODP itu, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Banjar dr Diauddin mengungkapkan, 23 diantaranya merupakan peserta kegiatan Ijtima Jamaah Tabligh Dunia Zona Asia di Gowa, Sulawesi Selatan.

“Yang datang dari Ijtima Gowa itu ada sebanyak 23 orang, yang tersebar di berbagai kecamatan,” kata dr Diauddin kepada jejakrekam.com, Selasa (31/3/2020).

Kadinkes Kabupaten Banjar ini juga mengungkapkan, mereka yang masuk dalam ODP, termasuk 23 peserta Ijtima tersebut sudah didata oleh Tim Gugus Pencegahan, Pengendalian, dan Penanganan (P3) Covid-19 di Kabupaten Banjar.

BACA : Warga Martapura Positif Corona, Habis Pulang Dari Yogyakarta Dan Jakarta

Diaduddin memastikan, 23 peserta Ijtima Dunia Zona Asia tersebut status masih menjadi ODP, yang berarti jumlah PDP di Kabupaten Banjar hingga saat ini tidak ada sama sekali.

“Mereka sudah kita identifikasi, sudah ditemui dan sudah didata. Sehingga mereka sampai saat ini statusnya masih ODP,” ucapnya.

Terakhir, santer beredar kabar bahwa beberapa dari ODP yang termasuk peserta Ijtima Gowa itu berkeliaran dan melakukan interaksi bebas. Diauddin meminta kepada masyarakat untuk melaporkannya kepada Dinkes atau pihak kepolisian.

 “Kalau ada informasi terkait ODP yang berkeliaran dan meresahkan masyarakat, laporkan saja ke Polsek ataupun kepada kami. Meski yang berwenang mengawasi tersebut hanya polisi dan TNI,” tegasnya.

BACA JUGA : Banjarmasin-Kabupaten Banjar Mendominasi, Pasien Positif Covid-19 Kalsel Jadi 8 Orang

Memang sebelumnya, salah satu peserta Ijtima Dunia Zona Asia yang merupakan warga Kalsel meninggal dunia dan dikatakan positif Corona oleh Tim Gugus P3 di Kalimantan Timur, M Andi Ishak.

“Hari ini, meninggal dunia 1 positif Covid-19 di Rumah Sakit Kanujoso. Yang bersangkutan merupakan warga Kalsel kemarin ikuti Ijtima,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Kadinkes Kalimantan Timur Andi M Ishak, dalam penjelasan dia, Minggu (29/3/2020).(jejakrekam)

Penulis M Syaiful Riki
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.