Batola Gelar Penyemprotan Disinfektan Massal

0

SEBAGAI upaya pencegahan penyebaran Virus Corona (Covid-19), Polres, Pemkab, seluruh Forkopimda, dan instansi terkait di Kabupaten Barito Kuala (Batola) bersinergi melakukan penyemprotan massal cairan disinfektan, Selasa (31/03/2020).

AKSI serentak ini menerjunkan sejumlah armada seperti mobil water cannon dari Polres Batola, mobil pemadam kebakaran milik Pemkab, TNI, BPBD, Dinas Sosial, Dishub, Dinas Kesehatan, dan sejumlah BPK seperti Seman Fire, Nurul Iman, dan beberapa lainnya.

Armada-armada itu dikerahkan untuk melakukan penyemprotan di lokasi-lokasi yang mudah terjangkau seperti sejumlah ruas jalan raya yang sering dilintasi masyarakat, tempat-tempat umum seperti terminal, kawasan terbuka seperti lapangan sepakbola, hingga kawasan sekitar perkantoran dalam Kota Marabahan selaku Ibukota Kabupaten Batola.

Sementara tempat-tempat yang sulit terjangkau seperti tempat-tempat ibadah, kantor, tempat jualan, permukiman penduduk, hingga taman bermain, penyemprotan dilakukan secara manual dengan menggunakan alat semprot handsprayer dan lainnya.

BACA: Disumbang Batola-HSU dan Tanbu, ODP Covid-19 di Kalsel Melonjak Naik

Sebelum aksi digelar, Wakil Bupati Batola H Rahmadian Noor, Ketua DPRD Saleh, Komandan Kodim 1005 Marabahan Letkol Kav Sugianto SE, Ketua PN Marabahan Yohannes Purnomo Suryo Adi SH MHum, anggota forkopimda lainnya atau yang mewakili, serta pimpinan SKPD terkait, berkumpul di Polres Batola. Mereka diterima Kapolres Batola AKBP Bagus Suseno SIK MH.

Sekitar pukul 10.00 Wita, para petinggi itu menuju depan Kantor Bupati Batola di Jalan Basuki Rahmat guna melepas sejumlah armada dan relawan yang akan melakukan penyemprotan.

Aksi serentak ini juga dipraktekkan Wakil Bupati H Rahmadian Noor dan para unsur forkopimda beserta jajaran, dengan melakukan penyemprotan di sekitar kawasan umum seperti taman bermain Surya Lestari, Siring Wisata Marabahan, serta sejumlah fasilitas
umum di kawasan Jalan Tugu Marabahan.

BACA JUGA: Cegah Corona, Batola Lakukan Pemeriksaan Pelintas Jalan di Perbatasan

Wakil Bupati Batola H Rahmadian Noor mengatakan, aksi penyemprotan bersama ini merupakan aksi massal yang melibatkan Pemerintah Daerah, Polres, Kodim, Pengadilan, Kejaksaan, DPRD, BPK, para relawan, berbagai BPK, dan masyarakat.

“Intinya, pada hari ini kita menyatukan segala kekuatan untuk mencegah penyebaran Virus Covid-19, agar insya Allah jangan sampai menjamah ke wilayah Kabupaten Barito Kuala,” katanya.

Selain menggelar aksi penyemprotan disinfektan massal, ungkap wabup, Batola melalui Tim Gugus Tugas yang di dalamnya juga terdapat berbagai unsur seperti Pemkab, BPBD, TNI, Polri, Satpol-PP, Dishub, petugas kesehatan, dan lainnya, telah melaksanakan pemeriksaan bagi warga yang melintasi wilayah-wilayah perbatasan diantaranya Kecamatan Anjir Pasar – Kapuas, Kecamatan Tabukan – Kecamatan Kapuas Murung, Kecamatan Kuripan – Kalteng, dan Tamban.

“Harapan kita, melalui cara itu akan bisa mengantisipasi pencegahan terhadap kemungkinan penyebaran Virus Corona di wilayah kita ini,” harapnya.

Kapolres Batola AKBP Bagus Suseno SIK MH menerangkan, aksi penyemprotan disinfektan serentak ini dilaksanakan dalam upaya memaksimalkan pencegahan kemungkinan terjadinya penyebaran Covid-19. (jejakrekam)

Penulis Ahmad Husaini
Editor Almin Hatta

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.