ACT

Harga Gula Masih Melonjak, Stok Daging dan Ayam Melimpah

0 56

BULAN suci Ramadhan 1441 Hijriyah tak sampai satu bulan lagi segera tiba, Walikota Banjarmasin Ibnu Sina menjamin pasokan untuk kebutuhan pokok bagi warga kota masih tercukupi.

USAI meninjau Pasar Sentra Antasari Banjarmasin, Jumat (27/3/2020), Walikota Ibnu Sina bersama jajarannya memastikan stok daging dan ayam potong di pasar tersebut, masih stabil.

“Yang terjadi hanya penurunan permintaan. Bahkan, turunnya sampai 30 persen. Seperti permintaan ayam potong turunnya sampai 70 persen. Sebab, kebanyakan ayam itu memasok warung dan restoran yang buka malam hari di tengah kondisi tanggap darurat Covid-19, sehingga cadangan ayam pun melimpah,” tutur Walikota Ibnu Sina.

BACA : Pendapatan Menurun, Pedagang Pasar Lima Berharap Heboh Corona Cepat Berakhir

Persediaan bahan pokok lainnya seperti beras, telur, minyak goreng dan lainnya dijamin Walikota Banjarmasi ini masih tergolong aman. Menurut Ibnu Sina, dari lapangan Bulog Divre Kalimantan Selatan, stok beras yang ada di gudangnya bisa bertahan hingga lima bulan ke depan.

Menyambut datangnya bulan suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriyah, Walikota Ibnu Sina berharap harga barang tetap stabil, sehingga bisa memenuhi kebutuhan warga.

Diakui mantan anggota DPRD Kalsel ini, yang terjadi lonjakan harga adalah gula pasir menembus angka Rp 20-21 ribu per kilogram. Terkecuali, harga sayur-mayur mengalami penurunan.

BACA JUGA : Permintaan Gula Meningkat, Stok di Gudang Kian Menipis

Sementara untuk pasokan bawang putih, dijelaskan Ibnu Sina , sempat mengalami kekosongan namun keran impor dibuka pemerntah, sudah mulai membanjiri pasaran sejak tiga hari lalu.

“Saat ini, sudah masuk 15 ribu ton bawang putih, yang didistribusikan pemerintah pusat ke daerah-daerah dalam mengatasi kelangkaan bawang putih. Harganya saat ini masih stabil di kisaran Rp 43 ribu hingga Rp 33 ribu,” imbuhnya.(jejakrekam)

Penulis M Syaiful Riki/Prokom Banjarmasin
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.