Tangani Covid-19, Mabes TNI AD Suplai APD bagi Tim Medis Rumkit dr Soeharsono

0

MARKAS Besar TNI AD (Mabesad) langsung mengirimkan alat kesehatan berupa alat pelindung diri bagi tim medis Rumkit TK-III dr R Soeharsono Banjarmasin yang akan menangani pasien atau orang terduga suspect terjangkit virus Corona (Covid-19).

SEBANYAK satu koli bantuan alkes APD via kargo ini diterima Danrem 101/Antasari, Kolonel Inf M Syech Ismed diserahkan kepada Kepala Rumkit TK-III dr R Soeharsono Letkol Ckm dr Awaluddin TJ.M.M.R.S, didampingi Dandenkesyah  06.04.02 Banjarmasin, Letkol CKM dr Nanang dan disaksikan Kasrem 101/Antasari beserta staf di Markas Korem 101/Antasari, Banjarmasin, Jumat (27/3/2020).

Untuk tenaga medis yang bertugas dalam penanganan pandemic Covid-19 di rumah sakit tentara ini, TNI AD mendistribusikan lima item alat bantuan dari Menteri Pertahanan dan Panglima TNI ke jajaran RS ‘militer’ ini berupa Rapid Test Covid-19, 80 kit, APD Coverall 9 pcs, Googles 6 pcs, Masker Surgical 100 pcs, Masker N95 15 pcs. 

BACA : Diangkut Pesawat TNI AU, Kalsel Terima Bantuan 2.000 Pcs APD Covid-19

“Sesuai arahan Bapak Kasad Jendral TNI Andika Prakasa, alat kesehatan itu dikirim untuk para perawat dan dokter-dokter yang menangani pasien Covid-19 di Indonesia,” ucap Danrem 101/Antasari Kolonel Inf M Syech Ismed melalui Kepala Penerangan Korem 101/Antasari, Mayor Caj Iskandar Muarif kepada jejakrekam.com, Sabtu (28/3/2020).

Menurut dia, bantuan gelombang pertama yang diserahkan TNI AD ini akan terus menambah ‘amunisi’ ke RS TN AD sesuai tingkat urgensinya.

Iskandar menjelaskan bantuan APD itu diharapkan bisa menambah cadangan alkes rumah sakit, sehingga tenaga medis yang terlibat  penanganan pasien covid-19 di rumah sakit daerah bisa terjaga keamanannya.

BACA JUGA : Pasokan APD Petugas Covid-19 untuk Kalsel Telah Dikirim Kemenkes

“Mereka merupakan garda terdepan yang menangani masalah Covid-19. Jadi, harus mendapat perlindungan optimal. Dengan adanya alat pelindung diri yang telah dikirim baik oleh Gugus Tugas Pusat Penanganan virus Covid 19 maupun oleh Mabesad,” tutur Iskandar.

Ia pun mengimbau agar masyarakat tetap tenang dan jangan panik dengan merebaknya Covid-19.

“Patuhi dan taati  imbauan pemerintah dan disiplin melakukan social distancing guna memutus penyebaran virus corona tersebut,” imbuh Iskandar.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.