Hanya Ditutup Sehari, Toko dan Kios Pedagang Pasar Kalindo Disterilkan

0

DI TENGAH merebaknya virus Corona ditambah sepinya jumlah pembeli, para pedagang di beberapa pasar di Banjarmasin memutuskan untuk tak berjualan sementara waktu.

SALAH satu pasar di Banjarmasin yang memutuskan untuk tutup sementara adalah Pasar Kalindo, Jalan Belitung Darat, Banjarmasin Barat, Kamis (26/3/2020) ini.

Dikonfirmasi jejakrekam.com, salah satu petugas keamanan Pasar Kalindo, Marjono membenarkan penutupan pasar tersebut. Namun ia mengatakan, Pasar Kalindo hanya ditutup untuk hari ini, lantaran adanya penyemprotan cairan disinfektan.

“Iya tutup hari ini, karena pagi tadi sedang ada penyemprotan disinfektan,” kata Marjono.

BACA : Rentan Kerumunan Massa, Disperindag Banjarmasin Edukasi Warga Pasar Lima

Ia mengungkapkan, langkah tersebut sudah sesuai dengan kesepakatan seluruh pedagang. Menurut dia, pasar tradisional di kawasan Belitung Darat ini akan kembali buka pada Jum’at (26/3/2020) besok.

“Jumat atau Sabtu sudah buka kembali, tergantung dari pedagangnya sudah mengetahui atau belum informasi ini. Karena dalam pengumuman kemarin, kami mengatakan pasar ditutup dalam waktu yang tidak ditentukan,” ujarnya.

BACA JUGA : Punya Riwayat Keluar Daerah, Dua Warga Banjarmasin Bikin PDP Covid-19 Bertambah

Hal ini terlihat dari ditutupnya pagar akses masuk dan keluar Pasar Kalindo. Bahkan, kondisi pertokoan dan kios serta lapak para pedagang tampak lengang, ditinggal para pedagangnya.

Terpisah, Kepala Bidang Peningkatan Sarana Distribusi Perdagangan (PSDP) dan Pasar Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Banjarmasin, Ichrom Muftezah mengungkapkan, Pemkot hingga saat ini tak ada perintah kepada pedagang untuk menutup pasar.

Namun, menurut pejabat muda ini, kebijakan Pasar Kalindo bukan wewenang dari Pemkot Banjarmasin, sehingga penutupan itu sah-sah saja dilakukan oleh para pedagang di kawasan tersebut.

“Karena pasar tersebut memang berstatus swasta atau bukan dikelola pemerintah. Kalau pun ada kebijakan menutup sementara, itu merupakan keputusan mereka. Terserah mereka,” imbuh Tezar. (jejakrekam)

Pencarian populer:https://jejakrekam com/2020/03/26/hanya-ditutup-sehari-toko-dan-kios-pedagang-pasar-kalindo-disterilkan/
Penulis M Syaiful Riki
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.