ACT

Pasokan APD Petugas Covid-19 untuk Kalsel Telah Dikirim Kemenkes

0 92

PASOKAN alat pelindung kesehatan (ADP) bagi tenaga medis yang menangani pasien dalam pengawasan (PDP) virus Corona (Covid-19) dikirim Kementerian Kesehatan (Kemenkes) akan segera tiba di Bandara Syamsudin Noor, Banjarbaru, Selasa (24/3/2020).

HAL ini diungkapkan anggota Komisi I DPR RI asal Fraksi PPP, Syaifullah Tamliha usai berkomunikasi dengan Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto dari layanan Whatapps (WA).

“Insya Allah, pada hari ini, sekitar jam 3 siang, bantuan APD yang disuplai Kemenkes bagi Kalsel akan tiba. Bantuan itu berupa alat pelindung diri untuk para dokter dan perawat di Kalsel yang akan diterima oleh Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kalsel HM Muslim,” ucap Syaifullah Tamliha kepada jejakrekam.com, Selasa (24/3/2020).

BACA : Kemenkes Tunjuk BBTKLPP Banjarbaru Untuk Uji Sampel Covid-19 Di Kalsel

Syaifullah mengungkapkan bantuan yang diserahkan pemerintah pusat ke Kalsel itu berupa  APD lengkap sebanyak 10 pcs, APD tidak lengkap sebanyak 30 pcs,cover-all (gown APD) 100  pcs dan masker bedah 3.000 pcs.

Wakil Ketua DPP PPP ini mengungkapkan tidak bisa mendampingi petugas Kemenkes yang datang ke Kalsel untuk menyerahkan bantuna, karena untuk pencegahan diri.

“Saya mohon maaf, karena tidak bisa ikut menyerahkan disebabkan untuk pencegahan diri terkontaminasi Corunavirus pandemi di airport ataupun di pesawat,” kata Syaifullah.

BACA JUGA : Alat Pelindung Diri Covid-19 Mulai Didistribusikan Ke Kalsel

Sebelumnya, Juru Bicara Tim Gugus Tugas Pencegahan, Pengendalian dan Penanganan (P3) Covid-19, HM Muslim mengungkapkan apa yang petugas kesehatan terutama tim epidemiologi dalam penanganan dan pencegahan virus Corona di Kalsel, khususnya uji sampel di laboratorium.

Ini menyusul ada satu warga Kalsel yang positif Covid-19 dan empat pasien dalam pengawasan (PDP) di RSUD Ulin Banjarmasin.

“Saat ini, tim epidemiologi juga melakukan tracking bagi yang kontak dari pasien yang positif Covid-19 dan berisiko, sebagian sudah diambil sampelnya. Selanjutnya, sampelnya akan dikirim ke laboratorium,” ucapnya.

BACA JUGA : Kalsel Segera Miliki Rapid Test Covid-19

Muslim mengaku sudah mengontak pihak  Badan Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Banjarbaru, segera mengoperasionalkan, karena sudah memesan bahan untuk uji sampel tersebut.

“Insya Allah, pada minggu depan sudah bisa dioperasionalkan, jadi Kalsel bisa mengirim sampel ke BBTKLPP Banjarbaru, sehingga bisa lebih cepat,” ucapnya.

Termasuk, beber Muslim, untuk pasokan APD bagi petugas medis akan datang dalam proses pengiriman ke Kalsel, hingga melakukan pembelian APD guna memenuhi kebutuhan para petugas yang menangani Covid-19.(jejakrekam)

Penulis Didi GS/Balsyi
Editor DidI G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.