Kantor Imigrasi Banjarmasin Pulangkan 24 TKA Asal Cina

0 434

SEBANYAK 24 WNA asal Cina yang berada di Wilayah Kabupaten Banjar dan bekerja sebagai tenaga kerja asing (TKA) di PT Merge segera dipulangkan Kantor Imigrasi Kelas I TPI Banjarmasin.

KEPALA Kantor Imigrasi Kelas I TPI Banjarmasin Anton Helistiawan melalui Kasi Teknologi dan Informasi, Adityo Agung Nugroho mengatakan, 24 TKA pihaknya jemput di mess karyawan yang berada di area pertambangan batubara.

Menurutnya, TKA ini sudah tiga bulan tidak bekerja lagi dan tidak ada kegiatan pertambangan yang dilakukan atau berhenti produksi. Selain itu tidak ada seorang pun tenaga kerja Indonesia yang ada, kecuali petugas keamanan perusahaan.

“Mereka dipulangkan dan bukan dideportasi. TKA ini melalui penterjemah mengaku senang juga bisa pulang ke negerinya,” jelasnya, Selasa (24/3/2020).

Adityo mengungkapkan, awalnya pada November dan Desember 2019 ada pemulangan TKA secara masif dari perusahaan PT Merge sebanyak 200 orang.

“Biasanya setelah pemulangan akan dilanjutkan dengan kedatangan TKA, tetapi sampai Maret 2020 tidak ada kedatangan,” tegas Adityo Agung Nugroho.

Kasi Teknologi dan Informasi Kantor Imigrasi Kelas I TPI Banjarmasin ini juga mengungkapkan, pihak sudah berulangkali mencoba menghubungi pihak manajemen PT Merge terkait TKA ini, tetapi tidak bisa dihubungi. Untuk itu pihaknya mendatangi langsung mess karyawan tempat 24 TKA tinggal dan membawanya ke Kantor Imigrasi Banjarmasin.

“Kami telah melakukan langkah-langkah dan terakhir besok 24 orang TKA itu dipulangkan,” tegas Adityo Agung Nugroho.

Berdasarkan pantauan, para TKA asal Cina ini dikumpulkan di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Banjarmasin untuk didata. Mereka pada besok dijadwalkan akan diterbangkan ke Jakarta dan selanjutnya menuju Cina.(jejakrekam)

Penulis Syahminan
Editor Andi Oktaviani

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.