Empat Pasien asal Tanah Bumbu Dinyatakan Negatif Covid-19

0

EMPAT pasien rujukan Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) yang sempat dirawat intensif di RSUD Ulin Banjarmasin, akhirnya dipulangkan, Senin (23/3/2020). Ini menyusul, dari hasil laboratorium dinyatakan negatif terjangkit virus Corona (Covid-19).

HAL ini diungkapkan Juru Bicara Gugus Tugas Pencegahan, Pengendalian dan Penanganan Covid-19 Kalsel, HM Muslim didampingi Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalsel Wahyudin dalam jumpa pers di Kantor Dinkes Kalsel, Banjarmasin, Senin (23/3/2020).

Meski saat ini pasien dalam pengawasan (PDP) bertambah menjadi 7 orang. Namun, dengan negatifnya empat pasien asal Tanah Bumbu, otomatis berkurang yang tengah diawasi tim dokter RSUD Ulin Banjarmasin.

BACA : Alat Pelindung Diri Covid-19 Mulai Didistribusikan Ke Kalsel

“Hasil uji laboratorium sudah kami terima. Empat orang yakni pasien Ulin n 2,3,4 dan 5 dari Tanah Bumbu, dinyatakan negatif terinfeksi Covid-19,” ucap Sekretaris Tim Gugus Tugas P3 Covid-19 Kalsel, Muslim.

Begitu negatif Covid-19, Senin (23/3/2020) sudah dipulangkan ke daerah asalnya. Sedangkan, beber Muslim, yang masih menjalani isolasi di Ruang Bougenville RSUD Ulin Banjarmasin, tersisa tiga PDP. Satu pasien asal Banjarmasin sudah terkonfirmasi positif Covid-19.

“Selain itu, jumlah orang dalam pengawasan (PDP) berdasar data terakhir juga berkurang. Satu orang itu berasal dari Kabupaten Banjar. Sebelumnya, ada 416 ODP, dan kini berkurang menjadi 415 orang, karena yang bersangkutan sudah menjalani masa inkubasi 14 hari, dan tidak terdapat gejala Covid-19,” papar Muslim.

BACA JUGA : Alat Pelindung Diri Covid-19 Mulai Didistribusikan Ke Kalsel

Untuk sebaran ODP per Senin (23/3/2020), pukul 16.00 Wita sebanyak 415 orang itu terdiri dari 44 warga Banjarmasin, 60 orang asal Kabupaten Barito Kuala (Batola), Tabalong (36 orang), Tanah Laut (6), Kotabaru (31), Tanah Bumbu (30), Hulu Sungai Selatan (HSS) sebanyak 51 oran, Hulu Sungai Tengah (HST) terdata 58 orang, Hulu Sungai Utara (HSU) terekam 4 orang, 16 dari Balangan, 5 dari Kabupaten Banjar, 72 dari Kotabaru dan terakhir dua warga Kabupaten Tapin.

Sedangkan, tiga PDP berasal dari 2 warga Banjarmasin dan satu warga Kabupaten Banjar. Konfirmasi positif Covid-19 tercatat satu orang berasal dari Banjarmasin.(jejakrekam)

Penulis Balsyi/Deden
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.