Warga Banjarmasin Pasien Positif Covid-19, ODP di Kalsel Naik Jadi 362 Orang

0

SATU pasien dalam pengawasan (PDP) yang telah diisolasi di RSUD Ulin dinyatakan positif terjangkit virus Corona (Covid-19). Hingga kini, terhitung 22 Maret 2020 pukul 10.00 Wita, terdata ada penambahan orang dalam pemantauan (ODP) menjadi 362 orang.

INFORMASI ini disampaikan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kalimantan Selatan HM Muslim didampingi Kepala Pelaksana BPBD Kalsel Wahyudin dan Kepala Disdikbud Kalsel HM Yusuf dan Kepala Biro Humpro Setdaprov Kalsel, Kurnadiansyah kepada awak media di Kantor Setdaprov Kalsel, Banjarbaru, Minggu (22/3/2020).

“Untuk pasien yang positif Covid-19 tengah dirawat di RSUD Ulin Banjarmasin tengah dalam kondisi stabil. Pasien itu merupakan warga Banjarmasin dengan jenis kelamin laki-laki berusia 40 tahunan,” papar Muslim.

BACA : PDP RSUD Ulin Negatif Covid-19, ODP Di Kalsel Meningkat Tajam

Juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kalsel ini mengungkapkan pasien yang positif terpapar virus Corona memiliki riwayat perjalanan ke daerah endemic, yakni Jawa dan Bali.

“Bagi pasien yang positif Covid-19 ini berdasar standar operasional prosedur (SOP), maka perawatan harus intensif dan prosedur isolasi,” tuturnya.

Muslim menyebut saat ini ada 6 pasien dalam pengawasan (PDP) di Kalsel. Ia menyebut pihaknya akan mengambil spesimen dan pemeriksaan lanjutan, kalau memang negatif baru bisa dipulangkan.

“Kami belum bisa menyampaikan hasilnya, karena kami juga masih menunggu konfirmasi (hasil) tersebut,” ucapnya.

BACA JUGA : RS Siapkan Ruang Isolasi, Paman Birin Sebut 1 Pasien RSUD Ulin Positif Covid-19

Muslim menjelaskan hasil Laboratorium dari Badan Litbangkes Kemenkes, keluar cukup lama, sebab pemeriksaan menumpuk dari berbagai daerah di Indonesia.

“Orang dengan pemantauan (ODP) jumlahnya pada Minggu (22/3/2020) per jam 10 siang ada 362 orang. Kami juga sudah petakan sejak ditentukan dalam pengawasan, dan sekarang kita lebih intensifkan, lagi tracking,” ucap Muslim.

BACA JUGA : Warga Kalteng-Kaltim Terpapar Covid-19, Kalsel Naikkan Status Tanggap Darurat

Ia mengatakan Pemprov Kalsel mengajak semua pihak untuk bersinergi untuk meredam penyebaran Covid-19 di daerah, terkait dengan status yang telah dinaikkan dari siaga darurat menjadi tanggap darurat oleh Gubernur Sahbirin Noor.(jejakrekam)

Penulis Ahmad Husaini
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.