Warga Banjarmasin Kasus Pertama Positif Corona, Dinkes Tenangkan Keluarga Pasien

0

USAI ditetapkannya salah satu pasien dalam pengawasan (PDP) RSUD  Ulin Banjarmasin, positif terjangkit virus Corona (Covid-19) berdasar hasil uji laboratorium Badan Litbangkes Kementerian Kesehatan.

FAKTA itu dibenarkan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banjarmasin, Machli Riyadi saat dikontak jejakrekam.com, Minggu (22/3/2020).

Menurut dia, pasien PDP di RSUD Ulin Banjarmasin yang positif Covid-19 merupakan warga asal ibukota Provinsi Kalimantan Selatan ini. “Iya, memang benar itu pasien dalam pemantauan kami yang dirawat di RSUD Ulin,” ucap Machli Riyadi.

BACA : RS Siapkan Ruang Isolasi, Paman Birin Sebut 1 Pasien RSUD Ulin Positif Covid-19

Mantan Wakil Direktur RSUD Ulin Banjarmasin ini mengaku baru saja datang dari kediaman pasien yang dinyatakan positif Covid-19. Diriny apun memberikan konsultasi dan memberi ketenangan kepada pihak keluarga pasien yang menjadi kasus pertama Covid-19 di Kalsel itu.

“Saya baru saja datang dari rumah kediamannya, sekaligus memberikan edukasi kepada keluarga agar bersikap tenang dan tetap waspada,” ucap Machli.

Mantan Wakil Direktur RSJD Sambang Lihum juga tak menampik jika nantinya bakal ada potensi tambahan pasien dalam pengawasan di Banjarmasin. Untuk itu, ia ia meminta kepada masyarakat untuk melaporkan jika terdapat gejala-gejala sakit ke puskesmas terdekat.

“Maka dari itu masyarakat diminta melaporkan jika ada gejala-gejala batuk, pilek, sakit tenggorokan, dan demam,” ucapnya.

BACA JUGA : Warga Banjarmasin Pasien Positif Covid-19, ODP Di Kalsel Naik Jadi 362 Orang

Dengan adanya kasus pertama pasien positif Corona di Kalsel, Dinkes Banjarmasin berupaya penuh untuk mencegah penyebaran Covid-19 yang terbilang sangat cepat tersebut.

“Kami menyusun teknis yang efektif dalam menghadapi percepatan virus ini menyebar. Dengan melakukan penyemprotan disinfektan secara masif,” terangnya.

Machli juga meminta kepada keluarga untuk meningkatkan kebersihan dan pola hidup sehat. Termasuk, mengimbau masyarakat untuk meningkatkan daya tahan tubuh.(jejakrekam)

Penulis M Syaiful Riki
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.