Cegah Merebaknya Covid-19, Gereja Katedral Banjarmasin Tiadakan Misa Peribadatan

0

MENINDAKLANJUTI imbauan dari pemerintah untuk meniadakan sementara kegiatan yang menghimpun massa, demi mencegah penyebaran virus Corona (Covid-19), aktivitas peribadatan atau misa di seluruh gereja di Kalimantan Selatan, ditutup untuk sementara waktu.

HAL ini dibenarkan Pastor Paroki Keluarga Kudus, Gereja Katedral Banjarmasin, Pastor Krispinus Cosmas Boli Tokan MSF kepada jejakrekam.com di Banjarmasin, Minggu (22/3/2020).

Menurut dia, kebijakan ini ditempuh pihak Gereja Katolik untuk kebaikan bersama serta mengindahkan imbauan dari pemerintah, khususnya Pemkot Banjarmasin yang sudah meniadakan kegiatan yang mengundang khalayak ramai.

“Sejak Minggu (21/3/2020) sore ini sampai tanggal 3 April nanti, tidak ada ibadah atau misa bersama di Gereja Katedral Banjarmasin,” kata Pastor Cosmas.

BACA : Hingga 31 Maret, THM Dan Rumah Biliar Di Banjarmasin Ditutup Sementara

Namun batas waktu tersebut, diakui Pastor Cosmas, masih bisa jadi patokan, pasalnya Covid-19 khususnya di Kalsel saat ini semakin heboh, apalagi statusnya sudah dinaikan menjadi tanggap darurat Covid-19.

“Kita sambil mengikuti perkembangan persebaran virus Corona ini,” tambahnya.

Menurut Pastor Cosmas, hal tersebut tak menjadi masalah demi kebaikan semua umat manusia dan menaati imbauan dari pemerintah.

Ia menghimbau kepada para jemaat umat Kristiani untuk tetap menjalankan ibadah di rumah masing-masing. “Umat tetap berdoa walaupun tidak bersama-sama tapi dari rumah mereka masing masing,” imbaunya.

Ia berharap semoga pemerintah bisa mengatasi permasalahan Covid-19 yang sangat meresahkan kalangan masyarakat.

Untuk diketahui, Gereja Katedral Banjarmasin di Jalan Lambung Mangkurat merupakan gereja tertua serta memiliki 2.384 umat atau 692 kepala keluarga (berdasar data update per 1 Januari 2018).

BACA JUGA : Warga Banjarmasin Pasien Positif Covid-19, ODP Di Kalsel Naik Jadi 362 Orang

Dikutip dari keuskupanbanjarmasin.org, Pastor di Paroki Katedral ini dipimpin RP Cosmas Boli Tukan MSF dan RP FX Sumantoro Prajono, dengan tarekat berkarya Imam MSF, Suster SPC, dan Suster Alma.

Gereja Katedral ini juga membawahi lembaga seperti RS Suaka Insan, STIKES Suaka Insan, Asrama Suaka Insan, Panti Asuhan Bhakti Luhur dan Asrama Suaka Insan.(jejakrekam)

Penulis M Syaiful Riki
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.