Gerindra Usung Cawagub Difriadi Darjat, Siap Koalisi ke Demokrat

0

DPD Gerindra Kalsel mengusung kader sendiri pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Kalimantan Selatan Tahun 2020.

KADER tersebut adalah mantan Bupati Tanah Bumbu (Tanbu) H Difriadi Darjat yang diusung sebagai Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Kalsel. Mantan Wakil Bupati Tanah Bumbu itu sudah menerima SK dari DPP Partai Gerindra.

Untuk memuluskan langkah tersebut, Partai Gerindra Kalsel bakal berkoalisi dengan Partai Demokrat, sehingga pada Pilgub 2020 nanti bisa maju mengusung calonnya. 

BACA : Gerindra Sodorkan Difriadi Pendamping Denny, PKS Tunggu Hasil Survei

Estimasi itu berdasar jika kedua partai politik (Parpol) itu berkoalisi maka cukup memenuhi syarat jumlah kursi. Yakni Gerindra 8 kursi di provinsi ditambah Demokrat 3 kursi, sehingga total ada 11 kursi.

Usai pelaksanaan Rapat Pimpinan Daerah (Rapimda) DPD Partai Gerindra Kalsel, Rabu (18/3/2020) siang, jajarannya bersama Cawagub Difriadi Darjat akan mendaftar ke Partai Demokrat Kalsel.

Ketua DPD Partai Gerindra Kalsel H Abidin mengungkapkan, dengan dicalonkannya Difriadi Darjat sebagai Calon Wakil Gubernur Kalsel, maka langkah selanjutnya diserahkan kepada cawagub itu memilih calon gubernurnya.

“Gerindra kalau sudah memilih calon wakil gubernur, otomatis si calon wakil gubernur ini memilih calon gubernurnya. Itu meringankan tugas dan beban saya, karena nantinya yang berkumpul selama 5 tahun itu mereka berdua, bukan saya,” kata Abidin.

BACA JUGA : Gerindra Sodorkan Eks Wabup Tanbu Duet Denny Indrayana

Politisi gaek ini menambahkan, siapa nanti calon gubernurnya yang akan dipilih, dirinya oke-oke saja. Sehingga semua diserahkan sepenuhnya kepada si calon wakil gubernur untuk memilih pasangannya.

“Kalau saya tidak percaya kepada Difriadi Darjat, untuk apa didukung. Karena ini sudah melalui hasil musyawarah dan dia sudah memenuhi syarat. Sehingga kita minta dia sebagai kader maju sebagai calon wakil gubernur, dan siapa pun calon gubernurnya, maka wakilnya harus dari Gerindra,” tegas pengusaha sukses ini.

Sementara itu, Cawagub Difriadi Darjat mengucapkan terima kasih kepada H Abidin HH selaku Ketua DPD Partai Gerindra Kalsel yang sudah memberikan kepercayaannya kepada dirinya yang sudah dicalonkan sebagai cawagub.

“Beliau memberikan kepercayaan kepada kader sendiri. Ini yang membuat kami bangga atas kebijaksanaan beliau,” puji Difri.

BACA JUGA : Ukur Respon Publik, 15 Nama Cabup Tanah Bumbu Tengah Diuji Survei

Karena itu, imbuhnya, siapa nanti yang akan jadi pasangannya pada Pilkada 2020, kembali akan diserahkan ke partai. Namun tetap akan menjalin koalisi dengan partai lainnya.

“Untuk saat ini kami mendaftar ke Partai Demokrat. Kita ingin berkoalisi, agar bisa maju Pilkada nanti. Kita lihat juga perkembangannya, apakah akan mendaftar ke partai lainnya,” pungkas Difri.(jejakrekam)

Penulis Ipik Gandamana
Editor Almin Hatta

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.