Belum Ada Penderita Covid-19, Bupati Barito Utara Instruksikan Sekolah Diliburkan

0

GUNA mengantisipasi penyebaran virus Corona (Covid-19) Bupati Barito Utara H Nadalsyah menginstruksikan sekolah dari tingkat TK hingga SMP diliburkan. Kebijakan itu berlaku terhitung sejak Rabu (18/3/2020) hingga 14 hari ke depan.

TAK hanya mengeluarkan keputusan libur sekolah, Bupati Nadalsyah yang akrab disapa Koyem ini melarang semua kegiatan yang bersifat mengumpulkan massa baik di lingkungan Pemkab Barito Utara maupun instansi lainnya.

Sebelum memutuskan libur tersebut, Koyem memanggil Plt Kepala Dinas Pendidikan Barito Utara, Syahmiludin ke ruang kerja Kantor Bupati, Jalan Ahmad Yani, Muara Teweh, Rabu (18/3/2020). 

“Diputuskan mulai hari ini dan dua minggu ke depan sekolah dari jenjang TK/PAUD, SD/MI dan SMP/MTsN diliburkan,” ucap Koyem didampingi Syahmiludin kepada awak media di Muara Teweh.

Sejauh ini, diakuinya, aktivitas masyarakat di Muara Teweh berjalan normal. Ia juga memastikan hingga kini belum ada penderita yang terjangkit virus Corona. Kendati begitu, ada dua pasien dalam pengawasan di rumah sakit. Kedua pasien tersebut, tidak ada kaitan perjalanan ke luar daerah atau luar negeri.

BACA : Bupati Barito Utara Ingin Verifikasi Bandara H Muhammad Sidik Cepat Dipenuhi

“Salah satunya, orang yang memiliki riwayat perjalanan ke China (Tiongkok) sudah dipastikan negatif Covid-19. Kemudian satu pasien lagi dalam pengawasan telah dipelajari trackingnya. Pasien yang memiliki riwayat perjalanan ke Bogor, Jawa Baerat itu sedang diambil sampel pemeriksaan, kini sedang menunggu hasil sampel dari laboratorium,” papar Koyem.

Ia juga menginstruksikan RSUD Muara Teweh dan seluruh puskesmas tetap siaga dengan mencermati pasien yang berkunjung.

“Lakukan pendataan tracking (perjalanan) pasien, jika ada tanda-tanda Covid-19 segera lakukan tindakan awal,” tegas Koyem.

Masih menurut dia, warga juga diimbau untuk bekerjasama dalam menghadapi pandemi virus Covid-19 yang telah menyebar di Indonesia.

“Tolong kerjasama dari semua pihak supaya kita bahu membahu mengatasi penyebaran Covid-19,” tandasnya.(jejakrekam)

Penulis Syarbani
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.