Pemkab Batola Antisipasi Virus Corona

0

KEPALA Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Barito Kuala (Batola), dr Azizah Sriwedari, mengatakan hingga saat di wilayah Batola tidak ditemukan adanya sebaran Virus Corona.

HINGGA saat ini di Batola tidak ada orang atau pasien yang terdampak Virus Corona,” katanya saat menjadi Pembina Apel Gabungan di halaman Kantor Bupati Batola, di Marabahan, Senin (16/03/2020).

Pernyataan Kadinkes Batola ini tentu saja membuat lega masyarakat, khususnya peserta apel. Sebab, di Batola cukup banyak beroperasi perusahaan kelapa sawit yang mempekerjakan tenaga asing, khususnya China. Selain itu, perairan Batola setiap hari dilewati banyak tongkang pengangkut batubara yang pekerjanya juga terdapat dari luar.

Di hadapan seluruh peserta apel mulai para pelaksana, pejabat fungsional tertentu, pejabat eselon IV, III, II, hingga Pj Sekda H Abdul Manaf, Azizah mengutarakan, dalam mengantisipasi penyebaran Virus Corona atau Covid-19 pihaknya sempat melakukan pemantauan beberapa orang. “Namun sampai batas akhir, ternyata orang itu dinyatakan sehat,” ujarnya.

Karena itu, Azizah mengajak seluruh peserta apel untuk berdoa agar Batola benar-benar terhindar dari penularan virus mematikan tersebut.

Menyinggung apa yang telah dilakukan Dinkes dalam melindungi masyarakat terhadap sebaran Virus Corona, Kadinkes Batola itu mengatakan, pihaknya pada akhir Januari 2020 sudah memperingatkan para petugas puskesmas untuk melaksanakan kesiapsiagaan pelayanan terhadap kemungkinan penyebaran Virus Corona.

Selain itu, pihaknya juga telah membuat SOP berdasarkan petunjuk dari kementerian jika sekiranya ditemukan orang yang dicurigai terpapar. Juga selalu melaksanakan kerjasama dengan dinas instansi dalam memantau tenaga kerja asing. Namun hingga melewati masa pantauan, ternyata tidak ada yang terkena dan dinyatakan sehat.

“Kami juga sudah membuat Surat Edaran Bupati terhadap dinas instansi terkait tentang kesiapsiagaan, disamping menyiagakan tim reaksi cepat yang ada. Serta melakukan sosialisasi perilaku hidup bersih dan sehat,” timpalnya.

Kadinkes Batola itu juga berencana akan menghadap pimpinan untuk meminta petunjuk dan langkah-langkah yang akan dilakukan dalam mengantisipasi dan melindungi masyarakat, agar terhindar dari kasus Covid-19. “Rencananya hari ini kami menghadap untuk meminta petunjuk dan arahan dalam upaya pencegahan yang tepat,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Ahmad Husaini
Editor Almin Hatta

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.