ACT

Pemkab Balangan Gelar Bimtek Aplikasi E-Lapor

0 49

PEMERINTAH Kabupaten Balangan melakukan Bimbingan Teknis Peningkatan Kinerja Aparatur Sipil Negara melalui aplikasi E-Lapor dan Sistem Pengelolaan Pelayanan Pengaduan Publik Nasional (SP4N) dalam menunjang kualitas pelayanan publik di Hotel Banjarmasin Internasional, Rabu sampai Kamis (11-12 Maret 2020).

BUPATI  Balangan yang diwakili oleh Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan Husaini berharap agar peserta bimtek dapat memahami sistem pengaduan E-Lapor ini, mengingat pentingnya pelayanan yang baik bagi masyarakat.

Berkenaan dengan pelaksanaan bimtek, Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Balangan, S Enggo Widodo mengatakan kegiatan ini dalam rangka implementasi SP4N Lapor di Kabupaten Balangan yang tidak dapat ditawar lagi.

BACA: Berbagai Lomba Bakal Meriahkan HUT Satpol PP Dan Satlinmas Di Balangan

Sehingga perlu mempersiapkan sumber daya manusia, yaitu admin di setiap SKPD, yang diharapkan dapat memahami tugas dan tanggung jawabnya. “Agar pelayanan pengaduan kepada masyarakat dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan yang diharapkan masyarakat,” ujarnya.

Kepala Seksi Pengelolaan Opini Publik, Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalimantan Selatan sekaligus narasumber. Chairun Ni’mah mengatakan strategi komunikasi sangat penting dalam pengelolaan dan penyampaian aduan. “Bagaimana mengelola aduan dan menyampaikan aduan itu, sehingga dapat menjadi kritik yang membangun bagi pemerintah,” ujarnya.

Narasumber selanjutnya, Kepala Perwakilan Ombudsman Kalimantan Selatan, Noorhalis Majid mengatakan, E-lapor merupakan bagian dari wadah yang disediakan negara agar masyarakat dapat menyampaikan keluhannya.

E-lapor ini terhubung bagi semua instansi pemerintah penyelenggara layanan publik baik di daerah maupun tingkat nasional. “Agar masyarakat bisa menyampaikan keluhan terkait layanan publik,” ucapnya.

Selain sebagai sarana mengkritik, E-lapor juga wadah bagi masyarakat yang ingin menyampaikan keberhasilan program pemerintah. Dari 42 SKPD se-Kabupaten Balangan, bimbingan teknis SP4N Lapor diikuti oleh 34 admin penghubung SKPD.(jejakrekam)

Penulis Gian
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.