Dipasang Tapping Box, Omzet Menurun, Manager Rocket Chicken Akui Alami Kerugian

0

PEMKOT Banjarmasin belum lama ini memasang tapping box ke seluruh sektor usaha wajib pajak. Namun, fasilitas yang disediakan Pemkot Banjarmasin menggandeng KPK dan Bank Kalsel itu menuai pro dan kontra.

HAL ini langsung direspon beberapa pemilik usaha. Salah satunya usaha restoran cepat saji Rocken Chicken. Mereka mendatangi kantor Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) Banjarmasin di Jalan Pramuka, Banjarmasin, Rabu (11/3/2020). Mereka mengajukan keberatan  atas kebijakan pemberlakuan tapping box itu.

Regional Manager Rocket Chicken Cabang Kalimantan, Bagus Irawan meminta agar Bakeuda Banjarmasin melakukan evaluasi atas pemberlakuan tapping box sembari menunggu dibuatkan payung hukumnya berupa peraturan daerah (perda) Banjarmasin.

BACA : 400 Tapping Box Dipasang di Restoran, Tempat Hiburan dan Hotel di Banjarmasin

“Kami mengajukan agar dibuat perda dan jangan dipasang dulu tapping box sebelum Pemkot Banjarmasin melakukan uji petik terlebih dulu,” ucap Bagus Irawan kepada awak media, Rabu (11/3/2020).

Setelah dipasangi tapping Box pada Januari 2020 lalu, Bagus mengungkapkan omzet mereka menurun sekitar 18 persen dan berlanjut pada Februari mencapai 12 persen. Hal itu berdampak pada 21 gerai yang sudah dipasangi tapping box dari 40 gerai Rocket Chicken yang ada di Banjarmasin.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Bakeuda Banjarmasin Subhan Noor Yaumil membenarkan keberatan dari pihak Rocket Chicken. Menurutnya, keberatan mereka lantaran sebelumnya tidak memungut pajak langsung ke pelanggan atau pembeli.

“Dengan kami pasangi tapping box ini, ternyata kata mereka omzetnya menurun, tapi kita lihat pembayaran pajaknya meningkat,” ungkap Subhan.

BACA JUGA : Bidik Pajak Daerah Rp 290 Miliar, Bakeuda Banjarmasin Gencar Sosialisasi Regulasi Baru

Ia mengaku bingung. Bahkan, Subhan balik mempertanyakan, dari segi manapenurunan omzet yang dimaksudkan pihak Rocket Chiken. Kendati demikian, ia akan tetap mencari jalan keluar untuk permasalahan tersebut.

“Kami akan turuti kehendak mereka. Kami akan lakukan uji petik, disitu nanti bisa kita lihat perbedaan omzet antara menggunakan tapping box dan pembayaran pajak secara manual,” tegasnya.

Sekadar informasi, tapping box merupakan alat yang gunakan untuk memantau transaksi dari suatu tempat usaha secara online. Tujuannya untuk mencegah kecurangan, sehingga penerimaan pajak daerah menjadi maksimal.(jejakrekam)

Pencarian populer:https://jejakrekam com/2020/03/11/dipasang-tapping-box-omzet-menurun-manager-rocket-chicken-akui-alami-kerugian/,pemilik rocket chicken
Penulis M Syaiful Riki
Editor DidI G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.