Diduga Habitatnya Terganggu, Monyet Masuk Pemukiman Warga

0

DIDUGA karena habitatnya mulai terganggu, monyet liar mendatangi pemukiman warga di Jalan Museum Perjuangan RT 16 RW 02, Kelurahan Teluk Tiram, Banjarmasin Barat, Rabu (11/3/2020), sekitar pukul 14.14 Wita.

SEEKOR monyet kecil ini tampak berkeliaran di depan beranda rumah warga. Warga Jalan Museum Perjuangan, Kelurahan Teluk Tiram, Fajar Wahyudi langsung berinisiatif melaporkan adanya monyet yang membuat warga resah, takut akan menggigit warga.

Mendapat laporan warga, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjarmasin bersama Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Banjarmasin langsung melakukan pemantauan ke lokasi untuk mengevakuasi hewan liar tersebut.

BACA : Sengat Pemilik Rumah, Sarang Tawon di Cempaka Sari 3 Dievakuasi

Pemantauan pun berlangsung hampir jam, hingga pukul 15.00 Wita. Satu tim rescue dan TRC diterjunkan, diangkut satu mobil rescue. Untungnya, dalam proses evakuasi monyet liar ini, tidak ada kendala di lapangan.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Banjarmasin HM Hilmi mengungkapkan diduga akibat habitatnya terganggu, apalagi pemukiman warga dekat dengan kawasan rawa dan hutan,  membuat monyet liar itu memasuki kawasan pemukiman.

BACA JUGA : Tahun 2019, Ada 88 Terjadi Kebakaran, Kerugian Capai Rp 49 Miliar

“Dalam kejadian ini, tidak ada korban dari warga yang digigit monyet. Proses evakuasi monyet ini juga dibantu tim dari DKP3 Kota Banjarmasin, BPK Museum Perjuangan dan warga sekitar,” ucap Hilmi kepada awak media.

Dengan dievakuasinya monyet tersebut, warga pun merasa lega. Selanjutnya, monyet itu ditangani DKP3 Kota Banjarmasin untuk nantinya dilepas ke habibatnya.(jejakrekam)

Penulis M Syaiful Riki
Editor DidI G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.