BP Kongres PMII Gelar Debat Kandidat

0

MENJELANG Kongres Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Ke-20 pada 13-16 April 2020 di Balikpapan, Badan Pekerja Kongres (BP Kongres) menggelar debat kandidat calon Ketua Umum PB PMII dan PB Kopri PMII di auditorium Mastur Jahri UIN Antasari, Senin (9/3/2020).

KETUA BP Kongres PMII Rachmatul Fitriah mengungkapkan, skema debat kandidat di masing-masing wilyah ini perdana digelar kali ini.

Terhitung ada 6 kota yang menjadi tuan rumah debat kandidat. Banjarmasin sendiri menjadi kota kedua yang menggelar debat kandidat untuk wilayah Kalimantan.

“Calon ketua umum di kongres-kongres sebelumnya hadir begitu saja di arena. Karena itu, teman-teman kader kandidat tidak tahu. Dengan adanya BP Kongres kali ini, setidaknya teman-teman lebih tahu kandidat yang akan mereka pilih nantinya,” kata Rachmatul.

Dia mengakui, semua kandidat Caketum PB PMII dan PB Kopri PMII memang layak untuk memimpin organisasi sayap Nahdlatul Ulama ini.

Sementara itu, Muhammad Ramli Jauhari selaku salah satu calon, mengaku optimis bisa meraih kursi Ketua Umum PB PMII. Terlebih, dia merupakan satu-satunya calon ketua umum yang berasal dari Kalimantan. Di sisi lain, dengan adanya rencana pemindahan ibu kota negara ke Kalimantan Timur, juga dinilai menguntungkan pencalonannnya.

“Belum pernah ada kandidat dari Kalimantan Selatan. Maka, kali pertama kali mudah-mudahan saya bisa dipantaskan dan disiapkan untuk bisa membawa nama baik Kalsel,” ucapnya.

Jika diamanahkan menjadi Ketua Umum PMII, Ramli bertekad membawa manfaat organisasi yang dirasakan oleh lebih dari 260 cabang di seluruh Indonesia.

“Secara nasional PMII membawa misi back to Pesantren. Di sisi lain, kita juga harus masuk di ruang-ruang kampus umum. PMII di ruang kampus agama sudah sangat banyak, tapi bagaimana caranya kader-kader PMII berasal dari teknik, kedokteran, dan lain sebagainya,” ujar alumni Pondok Pesantren Waratsatul Fuqaha Kota Banjarbaru ini.(jejakrekam)

Penulis Ahmad Husaini
Editor Almin Hatta

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.