Tingkatkan SDM, Disnakertrans Balangan Maksimalkan BLK

0

AGAR bisa bersaing di dunia kerja,  masyarakat harus bisa meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM). Beberapa upaya untuk meningkatkan SDM dapat dilakukan dengan mengikuti pendidikan tinggi atau memaksimalkan balai latihan kerja (BLK).

KEPALA Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Balangan, M Syarwani menjelaskan, pentingnya untuk meningkatkan SDM masyarakat Balangan. Dia berharap siswa yang lulus SMA, jangan puas begitu saja. Harus ada keinginan untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya. 

“Sangat diharapkan siswa bisa melanjutkan pendidikan untuk kuliah, karena saat ini cukup sulit bersaing mendapatkan posisi baik diperkerjaan, jika hanya mengandalkan izasah SMA,” katanya, belum lama tadi.

BACA: BLK Balangan Kembali Buka Pelatihan Kerja

Dikatakannya lebih lanjut, selain itu juga, agar SDM Balangan dapat bersaing, maka bisa memaksimalkan balai latihan kerja (BLK) yang ada. Karena dengan memiliki keterampilan kerja, maka bisa membantu orang tersebut untuk mendapatkan pekerjaan. 

Menurut dia, peningkatan SDM sendiri dimaksudkan, selain untuk meminimalisir angka pengangguran juga merupakan upaya mempersiapkan masyarakat Balangan mendatang agar mampu bersaing dengan daerah lain, terlebih dimasa akan datang dimana persaingan khususnya dunia kerja semakin komplek.

“Saat ini pemerintah menggalakkan program pelatihan kerja yang fokos di Balai latihan kerja (BLK) Batumandi, hal ini tidak terlepas dari upaya kita meningkatkan SDM Balangan,” ujarnya. Diakuinya, dengan adanya BLK ini membantu dalam peningkatan SDM khususnya dalam bidang ketenagakerjaan.

BACA JUGA: Sambangi Disnakertrans, DPRD Balangan Gali Bahan Raperda Perlindungan Hukum Tenaga Kerja

Dimana menurutnya, di BLK Masyarakat akan dibina dan didik agar menjadi masyarakat yang berdaya baik dalam menghadapi persaingan di dunia kerjamaupun  kemampuan menciptakan peluang usaha dalam rangka meningkatkan perekonomian Kabupaten Balangan.

“Jadi diharapkan masyarakat bisa berlomba untuk meningkatkan kemampuan dirinya masing-masing untuk bisa menciptakan lapangan kerja, ya paling tidak untuk keluarganya. Hal ini agar angka pengangguran di Balangan dapat ditekan,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Gian
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.