Waspada Corona, Dinkes Kalsel Siapkan 2 Rumah Sakit Rujukan

0

TERKAIT kian mewabahnya virus corona (Covid-19) di Indonesia, maka Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan menyatakan kesiapannya dalam menghadapi penyebaran virus berbahaya ini.

DINKES Kalsel saat ini sudah menyiapkan dan berkoordinasi dengan dua rumah sakit rujukan untuk masyarakat yang terkena atau suspect corona. Yakni RSUD Ulin di Banjarmasin dan RSUD Boejasin Pelaihari di Kabupaten Tanah Laut.

Kepala Dinkes Kalsel Muslim mengungkapkan, dua rumah sakit ini dipilih lantaran sudah dianggap sesuai dengan kriteria yang ditentukan Kementrian Kesehatan. Yakni memiliki sarana dan prasarana, sumber daya manusia (SDM), hingga kelengkapan peralatan.

“Sesuai kriteria Kementerian Kesehatan, seperti sarana dan prasarana, SDM, serta alat-alatnya,” katanya, Selasa (3/2/2020).

BACA : Mahasiswa Karantina Natuna Pulang Dijemput Keluarga Masing-masing

Selain menyiapkan RS rujukan, papar Muslim, pihaknya terus menjaga kentat di berbagai akses masuk seperti bandara untuk menyediakan instalasi seperti thermal scanner di Kantor Kesehatan Pelabuhan dan KKP Bandara Internasional Syamsudin Noor.

Muslim menegaskan, hingga saat ini tidak ada yang terindikasi terkena atau suspect corona di Kalimantan Selatan. “Sampai saat ini tidak ada,” tegasnya.

BACA JUGA : Harga Masker Melambung Tinggi

Muslim meminta agar masyarakat tetap tenang dalam menghadapi kasus Corona pertama di Indonesia ini. Terutama, kekhawatiran ikut tertular virus Corona. “Masyarakat kita imbau untuk tetap tenang dan jangan berlebihan,” tuturnya.

Dinkes Kalsel mengimbau masyarakat untuk tetap menjaga kebersihan seperti mencuci tangan hingga bersih, serta masyarakat perlu meningkatkan daya tahan tubuh dengan mengkonsumsi makanan bergizi.(jejakrekam)

Penulis M Syaiful Riki
Editor Almin Hatta

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.