Polda Kalsel Tanam Puluhan Ribu Mangrove

0

KEPOLISIAN Daerah Kalimantan Selatan (Polda Kalsel) terus melanjutkan kepedulian terhadap lingkungan, dengan melakukan penanaman mangrove bersama Forkopimda, pelajar, dan mahasiswa, di Pantai Pagatan Besar, Kecamatan Takisung, Kabupaten Tanah Laut (Tala), Jumat (21/2/2020) pagi.

PENANAMAN mangrove di lahan seluas 4,5 hektare tersebut bertema “Polri Peduli Penghijauan Pantai dan Penguatan Ekonomi Masyarakat Pesisir Sekaligus Bersih-bersih Laut”. Pelaksanakan penanaman mangrove ini sekaligus dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional yang dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia

Dipimpin langsung oleh Kapolda Kalsel Irjen Pol Yazid Fanani dan jajaran serta forkopimda, aksi ini ditandai menyerahkan secara simbolis pohon mangrove dan bibit ikan kepada masyarakat sekitar.

Baca : Jokowi Tanam Pohon Mersawa Endemik Kalimantan Di Hutan Pers

Dalam kesempatan itu, Kapolda Kalsel Irjen Pol Yazid Fanani menyampatkan sambutan dari Kapolri, yang antara lain mengatakan bahwa kegiatan ini dalam rangka Polri peduli penghijauan pantai dan penguatan ekonomi masyarakat pesisir.

“Giat penanaman mangrove yang diikuti oleh ratusan peserta ini bertujuan untuk penghijauan dan penguatan ekonomi masyarakat. Penanaman pohon Mangrove ini, selain untuk penghijauan dan penahan abrasi, juga untuk menjaga ekosistem biota laut. Ini merupakan salah satu bentuk kepeduluan Polri untuk penghijauan dan merupakan program pemerintah agar melaksanakan penanaman pohon mangrove di seluruh wilayah Indonesia yang berfungsi meningkatkan ekonomi masyarakat ,” ucap Kapolda.

Kapolda berpesan, agar tanaman mangrove ini dijaga bersama-sama. Ia juga mengingatkan agar penanaman seperti ini dilakukan secara berkesinambungan. “Agar tetap terjaga, harus ada tindak lanjut dari masyarakat. Juga ada kepedulian terhadap lingkungan, terkait kelestarian mangrove ini. Sehingga apa yang kita dan pemerintah harapkan dapat tercapai,” ujarnya.

Menurut Kapolda, penanaman mangrove juga untuk memberikan kesadaran akan pentingnya menjaga ekosistem pantai. Utamanya vegetasi mangrove. “Seperti diketahui, hutan mangrove sangat banyak manfaatnya bagi kehidupan manusia,” katanya.

Dengan kegiatan ini, lanjut Kapolda, diharapkan kelestarian alam dan lingkungan pantai dapat terjaga dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir, yang merupakan salah satu komponen pendukung dalam pertahanan Negara.(Jejakrekam)

Penulis Iman Satria
Editor Almin Hatta

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.