Terpilih Karena Komitmen Mengembangkan Budaya

0

TERPILIHNYA Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani sebagai salah satu penerima penghargaan Anugerah Kebudayaan dari PWI pusat pada puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2020 karena komitmennya dalam mengembangkan kebudayaan yang ada di Bumi Sarabakawa.

MENURUT salah seorang juri Anugerah Kebudayaan PWI Pusat,  Yusuf Susilo Hartono, Bupati Tabalong telah membangun dan memodernisasi daerahnya berlandaskan kebudayaan.

“Hal inilah yang menjadikan Bupati Tabalong terpilih sebagai salah satu kandidat penerima Anugerah Kebudayaan PWI,” ujarnya.

Bupati Tabalong, ungkap Yusuf, juga melestarikan warisan alam dan kebudayaan yang ada di Tabalong, dijadikan kesenian suku asli dan pendatang sebagai medium ekspresi juga mempererat tali kebangsaan. Ia juga mengembangkan sasirangan menjadi batik langsat hingga supaya punya karakter sendiri. 

Menurut Yusuf, anugerah kebudayaan bukan untuk mengajak mundur, melainkan maju dengan modal nilai-nilai warisan budaya yang masih aktual hari ini. 

“Kekayaan kita disana dan tidak bisa dienyahkan begitu saja atas nama kemajuan, yang diambil mentah dari luar tapi kita juga tidak boleh menutup diri dan menolak perkembangan baik dari manapun datangnya,” ujarnya.

Bupati Tabalong Anang Syakhfiani mengatakan, ada tiga poin yang menjadikan dirinya terpilih sebagai salah satu penerima Anugerah Kebudayaan PWI Pusat tahun 2020 ini.

“Salah satunya kita betul-betul memulai hal yang baru dalam pengembangan budaya di kabupaten Tabalong,” ujarnya.

Batik langsat, ungkapnya juga menjadi sebuah terobosan yang membuat dirinya terpilih sebagai salah satu penerima anugerah Kebudayaan ini.(jejakrekam)

Penulis Herry
Editor Andi Oktaviani

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.