ACT

Risiko Tinggi, Panwas Pilkada Dijamin Asuransi BPJS Ketenagakerjaan

0 45

TINGGINYA intensitas pengawasan pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 lalu, terutama pada masa pungut hitung, memberikan pengalaman berharga bagi Bawaslu Kalimantan Selatan dalam memberikan jaminan perlindungan diri bagi jajaran pengawas.

UNTUK itu, pada pilkada serentak tahun 2020 ini, Bawaslu Kalsel memberikan jaminan perlindungan asuransi bagi jajaran pengawas adhoc tingkat kecamatan, kelurahan/desa, hingga tingkat TPS.

Kepastian ini butir perjanjian kerjasama Bawaslu se-Provinsi Kalsel dan BPJS Ketenagakerjaan sekaligus dan sosialisasi program BPJS Ketenagakerjaan, di Hotel Mercure, Banjarmasin, Senin (10/2/2020).

Ketua Bawaslu Kalsel Erna Kasypiah mengungkapkan penandatanganan nota kesepakatan (MoU) ini sebagai bentuk upaya Bawaslu memberikan perlindungan kepada petugas pengawas pemilu dalam menjalankan tugasnya.

“Kami tidak terlalu khawatir lagi terhadap kerja-kerja kawan di lapangan, karena sudah didaftarkan ke BPJS Ketenagakerjaan,” ucap Erna kepada jejakrekam.com, Selasa (11/2/2020).

BACA : Masukkan Dana Asuransi, Usulan Biaya Pilwali Banjarmasin 2020 Membengkak

Ia mengakui pekerjaan panwas penuh dengan risiko dan bekerja tak kenal waktu, hingga menguras tenaga dan pikiran. Atas dasar itu, mereka pun diberi jaminan ‘asuransi’ tercover di BPJS Ketenagakerjaan. Dengan begitu, panwas dapat jaminan, jika terjadi peristiwa yang tak diinginkan.

Erna mengatakan perlindungan asuransi yang diberikan ini, diungkapkannya meliputi kecelakaan kerja dan kematian. Dengan adanya perlindungan asuransi, Erna pun berharap hal ini dapat diiringi kinerja yang maksimal oleh seluruh jajaran pengawas ad hoc di wilayahnya.

BACA JUGA : Usulkan Dana Asuransi Masuk Item Anggaran Pilkada Serentak

“Kalau sampai (panwas) meninggal dunia ada santunan kematian untuk keluarga dan santunan beasiswa bagi anaknya, sampai sana tanggungannya,” terang mantan Ketua LK3 Banjarmasin ini. (jejakrekam)

Penulis Ahmad Husaini
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.