Mudah Terdeteksi, Panwascam di Banjarmasin Dibekali Pelaporan Pengawasan Online

0

UJUNG tombak pengawasan tahapan pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Kalsel dan Walikota-Wakil Walikota Banjarmasin pada 2020 ini, berada di tangan Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam).

MEREKA pun terus dipersiapkan dan mengikuti pembekalan dengan terobosan baru berupa Laporan Hasil Pengawasan (LHP) secara online mulai tingkat kecamatan hingga provinsi di Kalsel.

Koordinator Divisi Penindakan Pelanggaran Bawaslu Kota Banjarmasin, Subhani mengungkapkan sejak digebernya Pilkada 2020, sudah diterapkan sistem pengisian LHP online atau formulir model A.

“Formulir model A tidak hanya dilaporkan secara manual, namun juga para Panwascam juga diberlakukan LHP online,” ucap Subhani, usai Rapat Koordinasi (Rakor) Peraturan dan Hukum pada Pilkada 2020, di Pyramid Suite Hotel, Banjarmasin, Sabtu (8/2/2020).

BACA : Lawan Politik Uang, Bawaslu Banjarmasin Gandeng KAMMI dan PMII

Menurut Subhani, fungsi pengisian LHP atau formulir Model A secara online agar semua data hasil pengawasan yang dilakukan mulai tingkat Panwas Kecamatan hingga di atasnya, terdata dan tersimpan dengan baik.

“Fungsi LHP online boleh dibilang sangat penting, karena setiap LHP yang diupload yang sebelumnya melalui proses penelusuran hingga tahapan pleno oleh anggota pengawas pemilu, diketahui oleh Bawaslu Provinsi hingga Bawaslu RI di Jakarta” paparnya.

Menurut Subhani lagi, setiap LHP yang dibuat secara online, datanya dapat dibaca oleh Bawaslu Kalsel dan RI di Jakarta.

BACA JUGA : 74 Persen Pemilih Banjarmasin Tergiur Politik Uang? Bawaslu : Sanksi Tegas Menanti

“Untuk itu, semua anggota Panwas Kecamatan kami bekali petunjuk pengisian LHP secara manual dan online, untuk memudahkan tugas pengawasan,” ujarnya.

Dalam rakor itu juga dihadirkan sejumlah pemateri ahli bidang hukum dan pengawasan seperti Prof Dr Ahmadi Hasan MH serta mantan anggota Panwaslu Banjarmasin Varinia Pura Damaiyanti. (jejakrekam)

Penulis Sirajuddin
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.