Usai Kawasan A Yani Didandani, Giliran Trotoar Kayutangi Segera Dibenahi

2

MENDANDANI trotoar Jalan Achmad Yani dari Kilometer 2 hingga Kilometer 6, Banjarmasin yang berbatasan dengan Kertak Hanyar, Kabupaten Banjar dianggap telah rampung. Sebentar lagi, kawasan sepanjang Jalan Brigjen H Hasan Basry, Kayutangi akan diperlakukan yang sama.

BEDANYA, untuk kawasan Kayutangi akan digarap Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional IX Banjarmasin. Pembangunan trotoar ramah difabel, dengan pedestrian yang lebar akan digarap badan khusus di bawah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) tersebut.

Tahun anggaran 2019 melalui pos Dinas PUPR Kota Banjarmasin, mengucurkan dana sebesar Rp 17 miliar lebih yang digarap PT Kelana Multi Konstruksi dengan konsultan pengawas, PT Winaya Konteks Kharisma.

Kontraktor pelaksana ini melanjutkan proyek trotoar dari Km 3 hingga Km 6 Jalan Achmad Yani, dinyatakan rampung pada akhir Desember 2020 lalu. Trotoar setinggi 25 centimeter dan lebar bervariasi dari 2 hingga 3 meter, dilengkapi jalur pedestrian dan guiding block untuk penyandang disibalitas tunanetra.

BACA : Disuntik Rp 17 Miliar, Proyek Trotoar A Yani Digarap Hingga Gerbang Kota

Ini ditambah pemasangan stand bollard untuk mencegah kendaraan naik ke atas trotoar dan dihiasi 220 lampu hias, 150 kursi taman dan 50 bak sampah untuk menjaga kenyamanan dan kebersihan.

Sebelumnya pada 2018, proyek pembenahan trotoar digarap PT Multi Usaha Pembangunan dengan konsultan pengawas CV Dian Mitra Teknika dikucurkan dana Rp 8,5 miliar, dari Km 2 hingga Km 3,5, di bahu kanan dan kiri.

Walikota Banjarmasin Ibnu Sina menyebut kini trotoar yang dibangun sepanjang Jalan Achmad Yani dari Km 2 hingga Km 6, sudah bisa dipakai warga kota.

Hal itu ditandai dengan peresmian trotoar yang dilakukan Walikota Ibnu Sina depan Hotel G Sign, Jalan Achmad Yani Km 5, Banjarmasin, Rabu (5/2/2020).

Ibnu Sina pun berharap agar trotoar yang telah didandani itu bisa lebih nyaman bagi pejalan kaki dan penyandang disabilitas.

β€œIni merupakan langkah strategis dari Pemkot Banjarmasin melalui Dinas PUPR untuk memenuhi ketersediaan fasilitas publik di kota ini,” ucap Ibnu Sina.

BACA JUGA : Ada Genangan Air, Saluran Air Trotoar A Yani Dinilai Bermasalah

Dengan dua tahun anggaran, trotoar sepanjang Jalan Achmad Yani telah rampung dan bisa digunakan masyarakat dan ramah dengan difabel. Ibnu Sina mengajak masyarakat untuk menjaga trotoar yang ada, baik di jalur kanan dan kiri bahu jalan.

Walikota Banjarmasin ini pun menyambut ada rencana tahun 2020, Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional IX Banjarmasin akan membangun trotoar serupa di sepanjang Jalan Brigjen H Hasan Basry, sehingga pintu masuk Banjarmasin dari arah selatan dan utara benar-benar tertata apik.(jejakrekam)

Penulis Siti Nurdianti
Editor DidI G Sanusi
2 Komentar
  1. Asqo Majid berkata

    Mantap dan Keren πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘

  2. Asqo Majid berkata

    Kota Banjarmasin makin keren πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

ο»Ώ