KNPI Dorong OKP Berkiprah di Wirausaha dan UMKM

0

SELAIN konsen pada pembinaan kepemudaan, ormas pemuda di bawah  naungan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kalimantan Selatan (Kalsel) diarahkan untuk mampu berkiprah di bidang warausaha maupun kegiatan usaha lainnya. Tujuannya agar OKP menjadi lebih mapan, sekaligus bisa turut memperkuat prekonomian bangsa.

KARENANYA, tahun 2020 ini, DPD KNPI Kalsel memprogram dan memperbanyak kegiatan pelatihan kewirausahaan bagi anggota 70 organisasi  kepemudaan (OKP) yang tersebar di 13 kabupaten/kota seluruh Kalsel. 

“Kita di tahun 2020 ini mencoba mengelola UMKM bekerjasama dengan OKP yang berkaitan dengan kewirausahaan,” kata Ketua DPD KNPI Kalsel, Fazlur Rahman,di sela diskusi publik pengembangan UMKM di Banjarmasin, Kamis, (30/1/2020).

BACA: KNPI Kalsel Desak PT PLN Berikan Kompensasi Kepada Pelanggan

Langkah konkrit tersebut, paparnya, akan direalisasikan sambil menunggu terpilihnya Ketua DPD HIPMI Kalsel guna menjalin sinergi dan membantu para UKM yang ada.

Kendati begitu, lanjutnya, terobosan yang dilakukan KNPI tak sebatas aspek wirausaha atau UMKM semata, tetapi juga pada aspek lainnya.

“Jadi, kami sebagai organisasi kepemudaan, bekoordinasi dengan organisasi lainnya. Jadi sifatnya kerjasama,” ujar Fazlur Rahman.

Sosok muda bertampang ‘babyface’ ini menuturkan, saat ini dari 70 OKP yang berhimpun di KNPI, hanya sedikit yang terlibat dalam kewirausahaan maupun di UMKM. Makanya, KNPI terus mendorong agar anggota maupun OKP lebih banyak lagi terlibat dalam sisi usaha.

Menurut Fazlur, sekarang OKP yang tersebar di 13 kabupaten/ kota sudah banyak melakukan training dan pelatihan kewirausahaan dan UMKM. “Tahun ini kegian itu diperbanyak. Meskipun merupakan kegiatan provinsi, tapi dilaksanakan di kabupaten/kota,” pungkas Fazlur Rahman.(jejakrekam)

Penulis Ipik Gandamana
Editor Almin Hatta

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.