Pengusaha Catering dan Restoran Diingatkan Lebih Kreatif Mengolah Kuliner Lokal

0

SESUAI arahan pemerintah, anggota APJI harus dapat ikut mendorong sektor pariwisata lebih bergeliat. Salah satu caranya adalah anggota APJI di daerah harus bisa membuat aneka kuliner lokal naik kelas.

“PEBISNIS catering dan restoran untuk dapat kreatif dalam mengolah aneka kuliner lokal agar naik kelas,” Ucap Ketua Dewan Pimpinan Pusat Asosiasi Pengusaha Jasaboga Indonesia (DPP APJI) Rahayu Setiawati disela kegiatan Pelantikan Pengurus DPD APJI Periode 2019-2024 se-Kalsel, Kamis (30/1/2020) di Ballroom Cafe Nostalgia Banjarmasin.

Hal ini penting dilakukan sebab kata dia kuliner saat ini sudah menjadi salah satu jualan yang dipandang strategis dalam menggeliatkan sektor pariwisata yang ada di Indonesia.

BACA: Pimpin APJI Kabupaten Banjar, Aulia : Bisnis Kuliner Semakin Menjanjikan

Bukan tidak mungkin menurutnya apabila setiap pengusaha jasaboga menyajikannya makanan secara unik dan menarik maka wisatawan akan tertarik untuk datang berkunjung.

Dirinya juga berharap anggota APJI di daerah terus meningkatkan kompetensi usahanya. Salah satunya adalah dengan meningkatkan layanan secara konsisten, melengkapi perizinan usaha hingga mengikuti berbagai sertifikasi. “Sertifikasi itu merupakan salah satu jalan untuk mampu menembus pasar nasional hingga internasional,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua DPD APJI Kalsel H Aftahuddin berjanji, di 100 hari kerja organisasinya, dirinya akan berusaha melengkapi kepengurusan hingga 13 kabupaten dan kota di Kalsel.

Ada pun program utama organisasinya adalah sertifikasi hingga penyediaan bahan baku murah kepada anggota. Dua program ini menurutnya sangat penting agar anggota APJI di Kalsel tidak kalah bersaing dengan para pengusaha catering dan restoran luar yang sudah banyak masuk di Kalsel.

BACA JUGA: APJI Kalsel Lahirkan Pengusaha Lokal Menjadi Raja Di Daerah

“Kami ingin kehadiran APJI di Kalsel tidak hanya menjadi organisasi seremonial semata, tapi memang betul-betul memberikan manfaat bagi anggota. Karena itulah dua program tadi akan coba dimaksimalkan betul selama kepemimpinan saya,” imbuhnya.

Sedangkan Asisten 2 Bidang Ekonomi dan Pembangunan Sekda Pemprov Kalsel H Syaiful Azhari berharap, organisasi APJI di Kalsel tidak hanya mendorong para pebisnis catering dan restoran di Banua berkembang usahanya, tapi juga harus mampu mengangkat kuliner lokal di Banua dari nasional hingga mendunia.

Dengan upaya pemprov Kalsel dalam mendorong geliat sektor pariwisata lebih berkembang di Banua. Hendaknya juga ikut didukung oleh Anggota APJI Kalsel dalam hal menciptakan banyak kuliner lokal yang unik dan menarik.

“Kuliner sangat erat kaitannya dengan pariwisata. Karena itulah kami berharap Pemprov Kalsel dan APJI Kalsel bisa sama-sama berjalan beriringan untuk dapat mendorong agar sektor pariwisata di Banua lebih maju lagi,” imbuhnya.(jejakrekam)

Penulis Akhmad Faisal
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.