Terkena Abrasi, Tiga Ruas Jalan di Balangan Amblas

0

KARENA abrasi tanah yang disebabkan gerusan air sungai di bawahnya, tiga ruas jalan di Kabupaten Balangan tepatnya di Desa Liyu dan Karya di Kecamatan Halong serta Desa Matang Lurus, Kecamatan Lampihong amblas alias longsor.

KEPALA Seksi Kedaruratan BPBD Balangan, Muhammad Syuhada mengatakan begitu mendapat informasi dari masyarakat terkait tanah amblas, pihaknya langsung menyambangi untuk mengecek lokasi, Rabu (29/1/2020). “Untuk kerusakan atau longsor yang terjadi di tiga titik tersebut beragam,” sebutnya.

Khusus di Desa Liyu, menurut Syuhada, yang berdampak adalah jalan umum dengan panjang 16 meter dan lebar dua meter. Sedangkan di Desa Karya, kerusakan terjadi di jalan umum dan berdekatan dengan jembatan sepanjang 1,7 meter dan lebar 2,2 meter. Sedangkan di Desa Matang Lurus menggerus jalan aspal sepanjang 27 meter dan lebar 3 meter.

BACA: Antisipasi Longsor Dan Abrasi, BPBD Balangan Berencana Pasang Siring

“Untuk semua titik jalannya masih bisa dan aman untuk dilewati, namun tentu tetap harus hati-hati,” bebernya. Pihaknya menurut Syuhada, akan melakukan koordinasi ke instansi terkait untuk penanganan lanjutan.

“Kita akan lakukan koordinasi ke pihak dan instansi terkait penanganan kondisi ini,” bebernya. Terlepas dari itu, pihaknya menghimbau agar masyarakat selalu waspada terhadap terjadinya musibah, terlebih musim hujan.

Masih menurut Syuhada, menghadapi kebencanaan di tahun 2020, BPBD Balangan telah melakukan berbagai persiapan. Diantaranya melaksanakan sosialisasi kebencanaan bersama pemangku kepentingan yang terkait.

Kemudian juga telah melaksanakan apel kebencanaan bersama TNI-Polri dan instansi lainnya, serta menyebar sejumlah spanduk imbauan kepada masyarakat untuk waspada bencana.

“Prediksi kebencanaan di 2020 ini Balangan akan menghadapi musim hujan yang masih berlangsung beberapa bulan ke depan. Kami mengharapkan kerjasama kepada masyarakat, salah satunya dengan menjaga lingkungan seperti jangan membuang sampah sembarangan, dan kita berharap kebencanaan di 2020 dapat diantisipasi sedini mungkin,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Gian
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.