Jelang Puncak Haul Guru Sekumpul, Digelar Pameran Artefak Peninggalan Nabi Muhammad SAW dan Sahabat

0

KEPALA Diskominfo Kabupaten Banjar HM Aidil Basith menyampaikan, Bupati Banjar H Khalilurrahman atau Guru Khalil telah menyiapkan pameran artefak Nabi Muhammad SAW di Martapura.

DIUNGKAPKANNYA, Bupati Banjar menginginkan masyarakat bisa melihat artefak peninggalan Nabi Muhammad SAW.

Aidil Basith mengatakan, ada 35 artefak peninggalan Rasulullah SAW dan sahabat yang akan dipamerkan. Dimana, artefak-aktefak yang akan dipamerkan memiliki sertifikat sehingga dijamin keasliannya.

“Artefak tersebut bukan berasal dari Museum Topkapi yang ada di Instanbul, Turki. Tetapi dari galeri warisan yang dikelola Prof Abdul Manan bin Embong dari Malaysia dan diperoleh dari sejumlah negara,” katanya.

Diungkapkannya, Prof Abdul Manan adalah seorang ahli arkeolog yang khusus membidangi sejarah Islam dan peninggalan benda-benda dari kejayaan Islam.

BACA : Teladan Kepemimpinan Rasulullah; Refleksi Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

“Artefak yang akan dihadirkan, diantaranya lilitan kain sorban berwarna hijau milik Baginda Rasulullah, telapak kaki, pedang milik sahabat, Alquran emas dari Kesultanan Turki Osmani, baju jirah beserta perlengkapan perang, dan lainnya,” jelasnya.

Mantan Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Banjar ini mengungkapkan, melalu pameran artefak Rasulullah SAW dan para sahabat ini diharapkan dapat mengobati rasa cinta dan rindu kepada Nabi Muhammad SAW.

“Insya Allah pameran artefak Rasulullah dan para sahabat digelar tiga hari sebelum puncak Haul ke-15 Guru Sekumpul. Tempatnya di Indrasari di sekitar Stadion Demang Lehman, Martapura,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Syahminan
Editor Andi Oktaviani

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.