Ada Trip Baru Wisata Susur Sungai di Banjarmasin

1

WISATAWAN yang datang ke Kota Seribu Sungai kini bisa menikmati trip baru wisata susur sungai. Tak hanya menyajikan sensasi unik saat mengarungi sungai besar dan kecil, tetapi para wisatawan juga akan menemukan beragam kuliner dan buah khas Banjar yang ada di setiap trip yang dilalui.

TRIP yang masih gres itu dijajal langsung oleh Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina bersama Forkopimda dan seluruh SKPD lingkup Pemkot Banjarmasin.

“Kami melaksanakan susur sungai sekaligus mencoba rute baru untuk susur sungai yang dilaksanakan di kawasan Sungai Andai dan sekitarnya. Tadi kita masuk melalui Sungai Martapura, masuk Sungai Gampa, kemudian ada semacam advanturenya terjadi kandas dan sebagainya, kemudian masuk keluar ke Sungai Terantang. Saya kira ini salah satu upaya kita untuk menghidupkan lariwisata Banjarmasin yang sudah dikenal seperti Pasar Terapung dan susur sungai,” ujar H Ibnu Sina.

Di kawasan Sungai Gampa, wisatawan tak hanya melihat kebun buah, seperti rambutan, ketapi, cempedak, langsat, manggis, dan rambai, tetapi juga bisa langsung merasakan nikmatnya buah-buahan dari pohonnya.

BACA : Besok, Penumpang Klotok Wisata Susur Sungai Dilarang Naik Ke Atas Atap

“Dalam rute susur sungai ini ada paket agro wisata yang bekerjasama dengan masyarakat setempat. Saya kira ini menjadi sebuah pengalaman yang bisa dikemas menjadi wisata agro yang mudah-mudahan diminati oleh pariwisatawan,” ucapnya.

Usai memasuki kawasan Sungai Gampa, para wisatawan kemudian akan dibawa menuju Sungai Terantang, lalu Sungai Andai, hingga masuk ke destinasi wisata Sungai Biuku.

Di kawasan wisata Sungai Biuku, para wisatawan selain dapat menikmati keasrian kawasan tersebut, juga dapat menikmati berbagai penganan khas Kota Banjarmasin yang diantaranya tidak ditemukan di daerah lain, salah satunya adalah lempeng halayung.

BACA LAGI : Polairud Tertibkan Anak- Anak Yang Mengganggu Wisatawan Susur Sungai

“Ini kawasan alami yang dibangun pemerintah kota, kemudian dipelihara oleh warga setempat dengan memberdayakan Pokdarwis dan Patriot Pariwisata. Silahkan datang ke Sungai Biuku di ujung Sungai Andai. Ada kuliner khas di Sungai Biuku ini salah satunya adalah lempeng halayung, non minyak dan non kolestrol, karena di masak dengan cara di bungkus dengan daun pisang,” katanya.

Dengan semakin berkembangnya dan beragamnya destinasi wisata di Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina berharap Banjarmasin ke depannya bisa menjadi salah satu destinasi berbasis sungai yang tak hanya dikenal di seluruh Indonesia tapi juga di dunia internasional.

“Ayo ke Banjarmasin. Ayo kita susur sungai di Kota Banjarmasin. Mudah-mudahan Kota Seribu Sungai ini bisa menjadi salah satu destinasi berbasis sungai yang di kenal di seluruh Indonesia, bahkan di dunia internasional,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Andi Oktaviani
Editor Andi Oktaviani
1 Komentar
  1. Fatur berkata

    Boleh tau no susur wisata dan pemilik agro bisnis. Mau buka trip nya di jkt untuk susur sungai

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.