Lomba Cipta dan Kreasi Lempeng Banjar

0

BERTEMPAT di Kampung Buku, Sultan Adam,  Komunitas Warung Rukun LK3 Banjarmasin  merayakan Ulang Tahun Ke-26, dengan kegiatan antara lain menggelar lomba cipta dan kreasi lempeng Banjar, Sabtu, 18 Januari 2020.

KEGIATAN ini diikuti oleh komunitas warung rukun, yaitu para pelaku UMKM bidang kuliner yang menjadi dampingan program pemberdayaan LK3 Banjarmasin. Ada 10 tim, yang terdiri dari 20 peserta mengikuti kegiata lomba tersebut.

BACA : Angkat Popularitas Lempeng Banjar di Pasar Rakyat Kamboja

Karena peserta memang bekerja pada bidang kuliner, tidak sulit memunculkan berbagai kreasi dari para peserta. Lahirlah berbagai lempeng kreasi baru. Mulai dari lempeng klasik sampai lempeng tabur granola, termasuk lempeng jaring pla durian. Berbagai kreasi yang dilakukan para peserta, membuat lempeng Banjar menjadi lebih inovatif, mengikuti selera kekinian.

“Tujuan dari kegiatan ini, selain memeriahkan ulang tahun LK3 (Lembaga Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan) Ke-26, juga untuk mengasah kreativitas para pelaku UMKM  bidang kuliner yang tergabung dalam komunitas warung rukun,”  kata Rakhmalina Bakhriati, Koordinator Program Pemberdayaan LK3 Banjarmasin.

BACA JUGA : APJI Kalsel Berupaya Penuhi Bahan Baku Murah Bagi UMKM

Ada tiga pemenang lomba, yaitu lempeng granola, lempeng yuri, dan lempeng jaring pla durian. Semua resep  kreasi pemenang lomba lempeng ini, nantinya akan menjadi menu yang akan ditawarkan di kampung buku, warung pizza rukun.

“Lempeng harus dikreasikan, dikembangkan, dan terus dikenalkan. Karena lempeng merupakan pizza asli orang Banjar. Lempengnya jangan diubah, agar keasliannya jangan hilang, cukup dikreasikan, dipadukan dengan bahan lainnya,” ujar Rakhmalina.

Mengambil tempat di kampung buku, lanjutnya, agar kampung buku benar-benar menjadi tempat literasi untuk belajar berbagai hal, termasuk kuliner Banjar.(jejakrekam)

Editor Almin Hatta

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.