Antasari Mengabdi di Desa Pulau Burung

0

DALAM rangka menjalankan program kerja organisasi dan Tri Dharma Perguruan Tinggi, DEMA UIN Antasari melaksanakan kegiatan Antasari Mengabdi yang bertempat di Desa Pulau Burung, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Tanah Bumbu. Antasari Mengabdi 2020 dilaksanakan selama 8 hari, yaitu pada 12-20 Januari 2020.

PADA Minggu (12/1/2020), di halaman Perpustakaan UIN Antasari, Wakil Rektor III UIN Antasari Banjarmasin Nida Mufidah dan Ketua DEMA UIN Antasari Banjarmasin Muhammad Rizali resmi melepas 25 peserta Antasari Mengabdi untuk berangkat menuju Desa Pulau Burung.

Dalam sambutannya, Rizal menyampaikan bahwa Antasari Mengabdi 2020 disiapkan sejak jauh hari, karena ingin fokus pada hal substansi, bukan hanya seremoni.

“Antasari Mengabdi kita persiapkan jauh hari. Sebelum terbentuk panitia, kita sudah komunikasi dengan beberapa pihak, karena kita ingin pengabdian ini fokus pada objek substansi bukan hanya seremoni. Peserta yang kita berangkatkan terbatas hanya 25, tidak perlu banyak, yang penting komitmen dan semangat membangun desa,” kata Rizal.

Rizal menyampaikan, ada beberapa faktor yang membuat DEMA memilih Pulau Burung sebagai objek pengabdian. “Kami menjadikan Pulau Burung sebagai objek pengabdian karena ada beberapa hal, yaitu desa ini belum pernah didatangi KKN UIN Antasari, sehingga kami ingin membumikan almamater biru di sana,” katanya.

BACA : DEMA UIN Antasari: Saatnya Kampus Menuju Ramah Disabilitas

Selain itu, lanjutnya, desa tersebut saat ini sedang dalam tahap pembangunan menuju tempat destinasi Kalimantan Selatan. “Kami ingin berkontribusi dan terlibat dalam bagian itu. Kami akan tawarkan program dan rekomendasikan untuk daerah tersebut nantinya, karena kita berusaha datang tidak hanya membawa badan tapi membawa gagasan,” tegasnya.

Rasidi selaku ketua panitia juga menyampaikan bahwa kegiatan ini didukung dari berbagai pihak dan kalangan.

“Alhamdulillah, kegiatan Antasari Mengabdi ini banyak didukung oleh berbagai pihak dan instansi, yaitu kampus UIN Antasari sendiri, DPRD Kalsel, Pemkab Tanah Bumbu, OJK Kalimantan, Rumah Zakat, serta masih banyak lainnya,” kata Rasidi.

Nida Mufidah, selaku Wakil Rektor III berharap besar kegiatan Antasari Mengabdi ini membawa manfaat yang sebesar-besarnya dan membawa harum nama UIN Antasari. “Semoga seluruh peserta bisa menjaga sikap, memberikan kesan yang baik, memberikan ide, gagasan dan pemikiran untuk pembangunan di Desa Pulau Burung, sehingga kepulangan kita akan diingat dan dikenang masyarakat. Dan yang terpenting, UIN Antasari akan harum di pikiran masyarakat,” kata Nida Mufidah.(jejakrekam)

Penulis Siti Nurdianti
Editor Andi Oktaviani

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.