Kapolda Kalsel Cek Sarana dan Prasarana Hadapi Bencana

0

POLDA Kalsel gelar pasukan Operasi Kontijensi Aman Nusa II. Kapolda Kalsel Irjen Pol Yazid Fanani memimpin langsung apel sekaligus pengecekan peralatan menghadapi bencana alam, di Lapangan Apel Mapolda Kalsel, Kamis (9/1/2020).

MELALUI apel ini, bila terjadi bencana alam maka dapat terdeteksi sejak dini melalui aksi kegiatan preentif, preventif, serta sinergitas dengan seluruh stakeholder terkait,” ucap Kapolda Kalsel Irjen Pol Yazid Fanani.

Diungkapkannya, bila bencana alam terjadi dampaknya dapat diantisipasi maupun diatasi dengan baik. Bencana alam bersifat kontijensi yang waktunya tidak diketahui, bencana alam juga mampu menimbulkan kerugian baik harta benda, cedera fisik, psikologi serta ancaman kehilangan nyawa bagi korbannya.

Oleh karena itu, tegasnya, kesiapsiagaan menghadapi bencana mutlak dibutuhkan. Sebab, pada hakekatnya penanganan bencana alam merupakan tugas pemerintah, bersama stakeholder terkait, baik Polri, TNI, Basarnas, BPBD, serta komponen lainnya.

BACA : Banjir Melanda, Walhi Sebut Bukti Kalsel Sudah Darurat Bencana Ekologis

“Keterlibatan masyarakat juga tidak boleh diabaikan, khususnya dalam antisipasi bencana dan mitigasi alam. Persiapan masyarakat yang siap menghadapi bencana merupakan tanggungjawab dan prioritas,” tuturnya.

Menurutnya, kesiapsiagaan personil, peralatan dan koordinasi masing-masing stakeholder terkait penanggulangan bencana sangat diperlukan ,sehingga dalam praktek di lapangan yang sebenarnya tidak terjadi kendala dalam penanganan bencana.

Melalui apel kesiapsiagaan, Kapolda Kalsel berharap keterpaduan kerjasama masing-masing pihak terkait dan segenap komponen masyarakat dapat dijalankan dengan baik. “Tingkatkan kerjasama dengan instansi terkait, dalam penanggulangan bencana yang terjadi. Selalu siap siaga sehingga sewaktu-waktu dibutuhkan siap untuk dikerahkan baik di dalam wilayah sendiri maupun wilayah lainnya,” tegasnya.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Andi Oktaviani

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.