Banjir di Cempaka, Personel Kodim Martapura Evakuasi Penderita Stroke

0

BANJIR yang merendam sebagian wilayah Kecamatan Cempaka, Banjarbaru, cepat atasi, Minggu (5/1/2020) pagi. Bahkan, personel Kodim 1006/Martapura langsung menerobos banjir mengevakuasi warga yang membutuhkan pertolongan.

PERSONEL TNI AD bersama para relawan pun menggotong penderita stroke untuk dibawa ke tempat yang aman, serta dirujuk ke fasilitas kesehatan. Beberapa anak pun diangkut ke perahu karet oleh personel TNI bersama petugas gabungan.

Keadaan siaga banjir pun sempat ditetapkan, ketika cuaca sebagian wilayah Banjarbaru dan Kabupaten Banjar diguyur hujan dengan intensitas cukup tinggi sejak Minggu (5/1/2020) dinihari, dari pukul 03.00-08.30 Wita.

BACA : Warga Cempaka Khawatir Permukaan Air Semakin Meninggi

Kepala Penerangan Korem 101/Antasari, Mayor Caj Iskandar Muarif mengungkapkan wilayah yang terdampak banjir di Kecamatan Cempaka, dengan ketinggi air 45 centimeter melanda RT 5, 6, 8, 14, 15, 22, 23, 24, 24 dan 26.

“Dari data rumah yang terendam dengan ketinggian air itu, sebanyak kurang lebih 100 kepala keluarga (KK). Untuk data sementara, kerugian personel nihil. Hanya material dan banyak perabot rumah yang terendam,” kata Mayor Iskandar kepada jejakrekam.com, Minggu (5/1/2020).

Begitu pula, data rumah anggota Kodim 1006/Martapura yang terdampak banjir di wilayah tersebut nihil.

BACA JUGA : Puncak Banjir Pagi Hari, Air Mulai Berangsur Surut Di Cempaka

“Namun, sejak siang tadi, hujan mulai reda dan debit air sudah berangsur turun. Namun, yang pasti, personel Kodim 1006/Martapura bersama instansi terkait tetap melaksanakan siaga 1 untuk antisipasi hujan kembali deras,” kata Mayor Iskandar.

Selain itu, perwira menengah TNI AD ini mengatakan personel gabungan juga melakukan patroli pengamanan di sekitar lokasi banjir. “Termasuk, melaksanakan evakuasi personel dan materai ke tempat yang aman,” imbuhnya.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.