Ada Koalisi Madinah? Paman Birin-Muhidin dan H Yuni-Fajar Dikabarkan Berduet

0

KONSESI politik dikabarkan tercapai di Kota Madinah, Arab Saudi, ketika elit Partai Golkar berangkat umroh ke tanah suci. Koalisi Madinah, begitu beberapa sumber menyebut adanya dealnya pengusungan duet Sahbirin Noor-Muhidin untuk maju di Pilgub Kalimantan Selatan.

MENARIKNYA tak hanya soal duet calon Gubernur-Wakil Gubernur Kalimantan Selatan yang mengawinkan dua bekas rival politik di Pilgub Kalsel 2015 itu, ternyata deal politik lainnya adalah mengenai figur yang maju berlaga di pemilihan Walikota-Wakil Walikota Banjarmasin.

Tersebutlah, nama Ketua Umum Kerukunan Keluarga Bakumpai (KKB) yang juga pengusaha dari Hasnur Group, H Yuni Nur Abdi Sulaiman bakal dipasangkan dengan Kepala Bappeda Provinsi Kalsel, Nurul Fajar Desira.

Duet ini dikabarkan bakal diusung koalisi besar, Partai Golkar dan Partai Amanat Nasional (PAN) untuk menuju laga Banjarmasin 1 dan 2 pada September 2020 mendatang.

BACA : Muhidin Teratas Survei Cawagub Kalsel? Rosehan : PDIP Tak Akan Jadi Penonton

Sumber terpercaya jejakrekam.com, membisikkan jika koalisi besar bakal terbangun antara Golkar dan PAN, maka kemungkinan duet Paman Birin (sapaan akrab Gubernur Sahbirin Noor) bakal bersanding dengan mantan Walikota Banjarmasin, H Muhidin.

Hitungannya, Golkar dengan 12 kursi plus 6 kursi PAN di DPRD Kalsel, melebihi syarat mininal sebagai parpol pengusung di Pilgub Kalsel 2020. Sedangkan di Pilwali Banjarmasin 2020, jika PAN dan Golkar bergabung, maka didapat 15 kursi, rinciannya 6 kursi Golkar dan 9 kursi milik PAN.

Sementara figur yang meraih restu dari Ketua DPW PAN Kalsel adalah Nurul Fajar Desira sebagai bakal calon walikota atau wakil walikota berpasangan dengan Yuni Abdi Nur Sulaiman.

“Konsesi politik ini akan mengubah peta politik di Kalsel dan Banjarmasin. Karena, jika Paman Birin berpasangan dengan Muhidin maka satu paket dengan H Yuni dengan Fajar,” ucap sumber jejakrekam.com, Jumat (3/1/2020).

Disebut-sebut namanya bakal berduet dengan Fajar yang juga mantan Kepala Bappeda Kota Banjarmasin, H Yuni Abdi Nur Sulaiman enggan berkomentar banyak. Ia berdalih saat ini tengah menjalankan ibadah umroh di Tanah Suci.

“Minggu depan saja dibahas, saya lagi umroh,” kata Yuni singkat kepada jejakrekam.com, Jumat , (3/1/2020).

BACA JUGA : Semua Tergantung Hasnur, Ibnu Sina-Hj Karmila Batal Mencalon Walikota?

Terpisah, Ketua Tim Penjaringan DPD Partai Golkar Kota Banjarmasin M Syarkawi mengatakan hingga saat ini belum figur final yang bakal diusung partai beringin ini.

“Belum komplet secara kepartaian, walaupun wacana di luar hampir mengerucut keputusan tinggal di provinsi, kita tidak berani bicara mendahului,” ucap Syarkawi.

Ia menyiratkan DPD Partai Golkar Banjarmasin bakal mengusung duet Habib Abdurrahman Bahasyim dan Hj Ananda, di pesta demokrasi Kota Seribu Sungai tahun ini.

Namun Syarkawi tidak bisa memastikan duet tersebut bakal tersaji di Pilwali Banjarmasin September 2020 mendatang.

“Ibu Ananda menegaskan bahwa dia merupakan petugas partai, kalau tidak diusung Golkar tidak akan mencalon, apapun keputusan partai akan mengikuti,” imbuhnya.

BACA LAGI : Suksesi 2020, Nama H Yuni Mencuat Bakal Dampingi Hj Karmila atau Haris Makkie

Syarkawi mengakui Partai Golkar tidak menutup kemungkinan bakal mengusung H Yuni Abdi Nur Sulaiman di Pilwali Banjarmasin September 2020 nanti.

Sementara itu, jejakrekam.com berusaha mengontak Fajar Desira. Sayangnya, nomor telepon bersangkutan tidak aktif.(jejakrekam)

Penulis Ahmad Husaini/Asyikin
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.