Pelaku Usaha Berharap Akses Perbankan di Daerah Lebih Luas

0

PELAKU usaha di Kalsel berharap akses perbankan di daerah bisa diperluas atau menjangkau semua layanan. Hal ini dikatakan CEO Jhonlin Grup, Ghimoyo, usai peresmian gedung baru kantor pusat mereka di Batulicin, Tanah Bumbu, Selasa (31/12/2019) malam. 

SEJAK berdiri, kantor pusat kami memang ada di Batulicin. Tapi karena ada beberapa pengurusan harus di Jakarta, eperti layanan perbankan untuk pembayaran ekspor – impor, serta penentu kebijakan, makanya kami juga punya kantor di Jakarta,” kata Ghimoyo. 

Menurutnya, untuk kantor mereka di Jakarta, tetap dioperasikan untuk beberapa pengurusan yang memang harus dilakukan di pusat, termasuk layanan perbankan. 

Padahal, menurut Ghimoyo, bila akses perbankan di daerah bisa diperluas untuk lebih banyak layanan, maka akan mempermudah pelaku usaha. “Kalau kewenangan perbankan di daerah lebih luas, termasuk menentukan kebijakan, akan memberikan gairah bagi pelaku usaha dan perekonomian di daerah akan lebih berkembang,” ujar Ghimoyo. 

Dijelaskan Ghimoyo, perusahaan yang dipimpinnya ini, memiliki 18 ribu karyawan yang tersebar di sejumlah anak perusahaan, baik itu di perkebunan sawit, pertambanban, agro foresty, dan juga perkebunan dan pabrik gula di Indonesia bagian timur. “Dari seluruh karyawan itu, 80 persen merupakan orang lokal,”  katanya. 

Dibangunnya kantor baru ini, diakui Ghimoyo, awalnya tidak ada kaitannya dengan kepindahan ibukota negara. “Rencana pembangunan kantor ini sudah lama. Sebelum keputusan kepindahan ibukota. Tapi, karena ibukota negara sudah pindah, ya sekalian saja,” ujar Ghimoyo. 

Selain itu, Ghimoyo juga berharap pemerintah daerah terus menggenjot pembangunan infrastruktur. Hal ini, untuk mempermudah pelaku usaha. 

Gedung baru Kantor Jhonlin Grup,  ditandai pemotongan pita dan penandatangan prastasi oleh H Andi Arsyad, ayah dari pemilik perusahaan ini, Andi Syamsudin atau yang biasa disapa Haji Isam. 

Penandatangan prasasti, disaksikan Gubernur Kalsel Sahbirin Noor, serta Kepala Staf Kepresidenan RI Moeldoko dan sejumlah anggota DPR RI. 

Peresmian gedung baru Jhonlin Grup ini, disambut positif Gubernur Sahbirin Noor. Menurut pria yang akrab disapa Paman Birin, langkah Jhonlin Grup, perlu ditiru perusahaan lain. “Batulicin salah satu kawasan yang sangat potensial. Termasuk untuk dikembanhkan sebagai kawasan industri. Karena itu, langkah Jhonlin Grup ini, sangat tepat dan patut ditiru perusahaan lain,”  kata Paman Birin. 

Terkait infrastruktur, menurut Paman Birin, pemerintah terus memberikan perhatian, sehingga bisa mempermudah pelaku usaha. Misalnya, akses jalan darat dari dan menuju Batulicin. Selain jalan lama, saat ini sudah dibangun jalan baru dari Banjarmasin ke Batulicin dengan jarak yang lebih singkat. 

“Jalan baru itu, nantinya akan mempermudah masyarakat dan juga pelaku usaha,” ujar Paman Birin.(jejakrekam)

Penulis Iman S
Editor Andi Oktaviani

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.