Ismail Iberahim Pimpin PBB Kalsel, Posisi Ketua Cabang Lowong

0

MANDAT sebagai Ketua DPW Partai Bulan Bintang (PBB) Kalimantan Selatan diterima HM Ismail Iberahim. Anggota DPRD Kota Banjarmasin resmi menggantikan Suriansyah sebagai Plt Ketua DPW PBB Kalsel, usai Pangeran Iberahim undur diri.

ISMAIL Iberahim yang merupakan mantan Ketua DPC PBB Kota Banjarmasin dua periode dan anggota dewan empat periode ini telah mendapat pengesahan dari Ketua Umum DPP PBB, Yusril Ihza Mahendra.

Ismail Iberahim merupakan satu dari tiga nama yang diusulkan dalam Muswil V PBB Kalsel di Hotel Rodhita Banjarmasin, Kamis (12/12/2019) lalu. Selain Ismail, peserta muswil mengusulkan dua nama lainnya sebagai calon Ketua DPW PBB Kalsel periode 2019-2024, yakni Suriansyah dan Abu Permadi.

Ismail Iberahim bertekad untuk mengembalikan semangat Partai Masyumi yang mengilhami perjuangan PBB. Meski saat ini, PBB hanya bisa meraup kursi minim di lima daerah di Kalimantan Selatan pada Pemilu 2019 lalu. Termasuk, harus kembali kehilangan kursi di DPRD Kalsel, pada pemilu tahun lalu.

BACA : Ada 8 Fraksi di DPRD Banjarmasin, PPP-Nasdem-PBB Gabungkan Diri

Padahal, PBB sejak Pemilu 1999 bisa merebut dua kursi. Bahkan, pada Pemilu 2004, PBB bisa mengutus satu wakilnya duduk di DPR RI, dan merebut empat kursi. Kemudian, PBB pada Pemilu 2009 hanya satu kursi direbut di DPRD Kalsel, dan pemilu berikutnya 2014 dan 2019, nihil.

Wakil Sekretaris DPC PBB Kota Banjarmasin Herman Sabani mengakui saat ini posisi ketua cabang lowong, usai HM Ismail Iberahim mendapat mandat sebagai Ketua DPW PBB Kalsel dari pusat.

“Makanya, pada Januari 2020 nanti kami akan menggelar musyawarah cabang (muscab) untuk penunjukan tiga nama sekaligus meminta pertanggungjawabkan ketua demisioner,” kata Herman Sabani kepada jejakrekam.com, Selasa (31/12/2019).

Menurut dia, berdasar hasil Muktamar V PBB di Bangka Belitung pada September 2019 lalu, personalia kepengurusan partai akan lebih ramping mengacu pada AD/ART hasil muktamar terbaru.

“Untuk calon ketua DPC PBB Banjarmasin, baru ada satu nama yang mencuat yakni Muhammad Idrus. Sedangkan, dua nama lainnya akan diusulkan dalam muscab nanti,” ucap Herman.

BACA JUGA : Semangat Baru, PBB Ganti Logo Baru dengan Bintang di Atas Bulan

Ia mengakui berdasar AD/ART, maka prosesi suksesi di partai tidak lagi menggunakan mekanisme pemilihan langsung dalam musyawarah wilayah atau cabang, namun mengusulkan tiga nama ke DPP PBB untuk dipilih satu nama yang mendapat mandat.

“Ini lebih praktis dan tetap demokratis. Makanya, harus ada tiga nama calon ketua yang diusulkan dalam muscab,” katanya.

Menyikapi suksesi Pilwali Banjarmasin 2020, Herman mengakui PBB hanya meraih satu kursi di DPRD Banjarmasin, sehingga harus bergabung dengan parpol lain. Untuk pelamar, baru dua nama yang menyerahkan berkas pencalonan yakni mantan caleg PKB, Sayid Alwi Al-Nafis dan mantan anggota DPRD Banjarbaru dari PDIP, Sri Naida.(jejakrekam)

Pencarian populer:https://jejakrekam com/2019/12/31/ismail-iberahim-pimpin-pbb-kalsel-posisi-ketua-cabang-lowong/
Penulis Ahmad Husaini
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.