Tahun 2020 Pemkot Banjarmasin Upayakan Peningkatan Infrastruktur

0

MENJELANG tutup tahun 2019, pemerintah Kota Banjarmasin menyampaikan proyeksi kinerja dari visi dan misi pembangunan pada tahun 2020 mendatang.

DALAM kegiatan jumpa pers akhir tahun 2019, di Ball Room, Hotel Best Western, Banjarmasin, Minggu (29/12/2019). Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina dan Wakil Walikota Banjarmasin H Hermansyah dalam paparanya menjelaskan tentang capaian visi dan misi pembangunan, yang telah dilaksanakan Pemko Banjarmasin selama tahun 2019, seperti pembangunan ruang unit kesehatan di 2 sekolah.

Penambahan ruang kelas baru di SDN Pasar Lama 3. Dan pembangunan pagar sekolah. Pembangunan perpustakaan sekolah di SDN Basirih 10 hingga terakreditasinya RSUD Sultan Suriansyah.

BACA : Dinkes Siapkan Draft Perjanjian Kerjasama dengan BPJS

Terlaksananya Pemberian Jaminan Kesehatan (Program Universal Health Coverage (UHC) dimana pada tahun 2018 tercatat sebanyak 15.593 Jiwa, kemudian meningkat sebanyak16.609 jiwa di tahun 2019. Pembangunan puskesmas pembantu di Simpang Limau dan terlaksananya pengurugan lapangan olahraga di Kecamatan Banjarmasin Timur.

Di tahun 2020 nanti, duet Ibnu Herman juga telah merencanakan sejumlah kegiatan yang akan mereka capai. Diantaranya seperti, Peningkatan jalan Basirih Dalam, Kampung Melayu Darat dan jalan Padat Karya. Serta pembangunan trotoar di jalan Haryono MT, pembangunan jalan Lingkar Dalam Selatan. Rehabilitasi jalan Gerilya, Jalan Sultan Adam, Jalan AMD Manunggal, Jalan Kayutangi II dan Jalan Simpang Belitung. Serta rehabilitasi total bangunan puskesmas Kayutangi dan Kuin Raya.

BACA JUGA : Tahun 2020: Struktur Organisasi Resmi Berubah

Dilanjutkan dengan peningkatan saluran drainase di Jalan Kolonel Sugiono, kawasan Mulawarman, MT Haryono. Cemara Raya dan Beruntung Raya. Dikuti dengan normalisasi sungai di Sungai Andai, serta pembangunan jembatan di HKSN, Kelayan A dan jembatan Pulau Bromo.

Pemerintah Kota Banjarmasin melakukan perencanaan pembangunan infrastruktur lain berupa pembangunan Gedung Balai Latihan Kerja (BLK) dan Kuliner Baiman, diikuti dengan Peningkatan Fasilitas Olahraga Kecamatan Banjarmasin Utara dan Kecamatan Banjarmasin Selatan. Lanjutan pembangunan taman dan kolam air mancur menari di ruang terbuka hijau (RTH) Kamboja, serta pembangunan dermaga di Sungai Jingah.

Pembangunan sumber daya manusia dikembangkan pada rencana 2020 mendatang. Diantaranya sidang isbat nikah 50 pasangan, perbaikan rumah tidak layak huni (bedah rumah) sebanyak 100 Unit. Pencanangan kampung KB di lima kecamatan. Serta Pencanangan kota layak anak di 10 (sepuluh) kelurahan.

BACA LAGI : Tiga BUMD Pemkot Raih Laba

Sara pendukung tak luput dari rencana pembangunan, yang diataranya pemasangan tapping box sebanyak 300 buah. pembuatan aplikasi layanan darurat 112, E-Health dan  E-Ratik. Penambahan 5 unit angkutan ceria serta Penambahan 10 titik CCTV yang tersebar di seluruh Kota Banjarmasin diantaranya, di Simpang Empat Merdeka dan Belitung.

Penyusunan dokumen Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) RPJMD Kota Banjarmasin Tahun 2021-2024. Penyusunan RPJMD  Teknokratik  Kota Banjarmasin Tahun 2021-2024.

Capaian program pembangunan lainnya yang juga dibeberkan dalam kegiatan diikuti seluruh kepala SKPD lingkup Pemko Banjarmasin itu adalah, pembinaan dan pelatihan Wira Usaha Baru yang telah dilaksanakan  7 SKPD sejak tahun 2016.

Dinas Koperasi, Usaha Mikro dan Tenaga Kerja telah berhasil melakukan pembinaan kepada 578 WUB. Dinas Pemuda dan Olahraga sebanyak 300 WUB. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata 285 WUB. Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Masyarakat sebanyak 265 WUB.

BACA : Pasar Terapung Kuin Dihidupkan Kembali

Dinas Sosial sebanyak 168 WUB. Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan sebanyak 520 WUB dan Dinas Perdagangan dan Perindustrian sebanyak 475 WUB. Total seluruh WUB yang telah dilatih dan dibina oleh tujuh SKPD hingga akhir tahun ini sekira 2.591 WUB.

“Tahun 2019 ini banyak sekali pencapaian yang diperoleh Pemerintah Kota Banjarmasin  yang sesuai dengan visi misi, dari beberapa penghargaan yang sudah diperoleh menurut saya yang paling berpengaruh adalah,  pertama penyelesaian operasional Rumas Sakit Sultan Suriansyah, kemudian lanjut dengan akreditasi  yang mendapat Madya Bintang 3,” pungkas H Ibnu Sina.(jejakrekam)

Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.