Pasar Terapung Kuin Dihidupkan Kembali

0 150

PEMERINTAH Kota Banjarmasin berencana  menghidupkan kembali kegiatan Pasar Terapung  di Muara Kuin Banjarmasin Barat dan Banjarmasin Utara, mulai akhir tahun 2020 nanti.  

“RENCANA ini diambil setelah ada koordinasi  antara Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Banjarmasin dengan Camat Banjarmasin Barat dan Camat Banjarmasin Utara,”  ungkap Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina,  saat Ngopi Bareng di Panggung Samping Rumah Anno, Sabtu (28/12/2019) malam.

BACA : Bupati Khalilurrahman Tegaskan Pasar Terapung Lok Baintan Aset Wisata Milik Pemkab Banjar

Bahkan, papar Ibnu Sina,  sudah ada 125 acil jukung yang telah terdaftar. Mereka bahkan minta agar recbana tersebut secepatnya di-launching. “Insya Allah awal tahun 2020 nanti segera kita louncing,”  ujarnya

Sebanyak 125 Acil Jukung itu warga yang  bermukim di Kuin Selatan, Kuin  Utara,  Alak Utara, Alalak Selatan, dan Alalak Tengah, sudah memberi nama “Trio Alalak”. “Dermaganya nanti kita pusatkan di Dermaga Makam Suriansyah yang saat ini sudah direnovasi,” kata Ibnu.

BACA JUGA : Melestarikan Budaya Banjar, Dinas Pariwisata Gelar Festival Budaya Pasar Terapung

Rencananya, awal tahun 2020 pasar Terapung Kuin di-louncing. Selanjutnya tiga bulan berikutnya  sekitar bulan Maret atau April ada event Year of BanjarmasinTtahun 2020 dengan 45 event termasuk  ada Festival Pasang Terapung. “Nah, pada event itulah Pasar Terapung Kuin dipastikan hadir dengan tampilan tidak kalah dibanding lokasi lainnya seperti Pasar Terapung Lok Baitan,”  imbuh Ibnu.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Almin Hatta

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.