Husairi Abdi

Indek Pembangunan Manusia Di Kalsel Mengalami Peningkatan

0

PEMBANGUNAN kesehatan merupakan bagian dari pembangunan nasional yang bertujuan meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya.

BERDASAR amanat undang-undang, pemerintah daerah terus meningkatkan peran dan fungsinya dalam penyelenggaraan pembangunan kesehatan yang merupakan urusan wajib, guna mempercepat tercapainya tujuan pembangunan di Indonesia.

BACA : Bangunan RS Mewah Bakal Bebani Tarif Pelayanan Kesehatan Pasien

Indeks Pembangunan Manusia (IPM) sebagai salah satu alat ukur yang dianggap dapat merefleksikan status pembangunan manusia. IPM merupakan suatu indeks komposit yang mengukur pencapaian rata-rata sebuah negara dalam 3 dimensi dasar pembangunan manusia yang dianggap sangat mendasar yaitu usia harapan hidup, pengetahuan, dan standar hidup layak.

Di Kalimantan Selatan, ternyata pencapaian indikator angka harapan hidup selama beberapa tahun terakhir terus meningkat. Hal ini dapat terlihat dari capaian tahun 2010 sebesar 66,65 dan pada tahun 2018 mencapai 68,23 ungkap Kadiskes Kesehatan Propinsi Kalsel,  M.Muslim saat konfrensi,  Senin (30/12/2019).

BACA JUGA : Negara Wajib Menjamin Hak Kesehatan Rakyat

Muslim menambahkan, dari hasil kinerja tersebut menyatakan bahwa angka harapan hidup di Kalsel berstatus sangat memuaskan, dengan kata lain bahwa Provinsi Kalimantan Selatan telah cukup berhasil dalam pencapaian kinerja utama ini. Angka Harapan Hidup merupakan alat untuk mengevaluasi kinejra pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan penduduk pada  umumnya dan meningkatkan derajat kesehatan pada khususnya. 

Angka harapan hidup merupakan salah satu dimensi yaitu dimensi kesehatan yang digunakan dalam penghitungan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) selain dimensi Angka Harapan Sekolah (Pendidikan) dan Produk Domestik Bruto per kapita (Ekonomi).

BACA LAGI : Indeks Pembangunan Kesehatan Masyarakat Kalsel Naik 7 Peringkat

Namun Angka Harapan Hidup belum cukup dalam mendukung pembangunan manusia di sector kesehatan sehingga diperlukan penjabaran yang lebih rinci menggunakan Indeks Pembangunan Kesehatan Masyarakat (IPKM).

Indeks Pembangunan Kesehatan Masyarakat (IPKM) adalah kumpulan indikator kesehatan yang dapat dengan mudah dan langsung diukur untuk menggambarkan masalah kesehatan. Serangkaian indikator kesehatan ini berperan  secara langsung meningkatkan umur harapan hidup yang panjang dan sehat.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.