Libur Tiba, Kids Library Ramai Pengunjung

0 38

MUSIM liburan sekolah telah tiba. Para orangtua pun merencanakan membawa anak-anaknya berlibur. Berbagai lokasi pun diinventarisir untuk dikunjungi, mulai pusat perbelanjaan, pusat permainan anak-anak, hingga lokasi wisata.

DARI beberapa lokasi tersebut, ada satu lokasi yang sebenarnya menarik untuk didatangi para orangtua serta sang buah hati untuk mengisi waktu libur sekolahnya,  yaitu kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan yang teletak di kawasan Jalan Achmad Yani Km 6 Banjarmasin. Di kantor yang sekarang akrab disapa Perpustakaan Pal Anam ini terdapat sebuah perpustakaan khusus anak atau Kids Library. Letaknya persis di bawah bangunan gedung berarsitektur Rumah Banjar tersebut.

BACA : Buku Konvensional Tetap Dibutuhkan, Dispersip Kalsel Terus Promosikan Minat Baca

Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan ini memang didesain sebagai lokasi khusus anak-anak untuk dapat mengenal dunia literasi atau penambah ilmu pengetahuan melalai bacaan.

Untuk menarik minat anak-anak, di perpustakaan yang ramah anak ini juga ditaruh beberapa permainan mulai Balita hingga anak-anak yang sudah duduk di bangku Sekolah Dasar.

Salsa (34) warga Banjarmasin mengungkapkan, adanya Kids Library ini sangat membantu dirinya untuk membawa sang buah hatinya yang memang suka membaca untuk bisa mengisi waktu liburnya. “Alhamdulillah, saat ini perubahan drastis di perpustakaan Pal Anam patut diacungi jempol. Dari dulu nya hanya untuk dewasa, kini sudah ada untuk anak-anak sehingga sangat membantu saya untuk membawa anak yang memang hobynya membaca,” ujar Salsa saat ditemui, Sabtu (28-12-2019) siang.

BACA JUGA : Dukung Perda Pondok Pesantren, Dispersip Kalsel Siap Salurkan Buku Bacaan

Tidak hanya bermain, tambah Salsa, dengan terpampangnya beberapa rak yang diisi ribuan buku bisa dinikmati sang anak untuk bisa membaca dan menambah ilmu dalam mengisi liburannya. “Untuk kesediaan buku cukup. Namun, mudah-mudahan tahun depan bisa diperbanyak dan beragam. Sehingga tidak hanya anak, orangtua yang mendampingi juga bisa membaca tanpa harus naik ke atas khusus perpustakaan dewasa,” saran Salsa.

Bermetamorfosisnya Perpustakaan Daerah Kalimantan Selatan juga diapresiasi Achmad Juhriansyah (37), warga Banjarmasin lainnya. Pria paro baya ini membawa dua buah hatinya untuk mengisi liburan ke perpustakaan. Ia mengaku sengaja ke sana, supaya sang anak bisa mengetahui bagaimana suasana perpustakaan.

“Perubahan yang saat ini ada di Perpustakaan Daerah Kalimantan Selatan patut dipertahankan. Tapi akan lebih baik lagi jika ditambah fasilitas lainnya yang bisa dimanfaatkan anak-anak untuk selain bermain juga mengenal dunia literasi,” papar Juhri (sapaan akrab Achmad Juhriansyah).

Untuk pelayanan, jelas Juhri, para petugas yang bertugas sangat ramah serta santun seperti pelayanan pembuatan kartu keanggotaan dimana orangtua yang datang selalu ditawari untuk mendaftarkan sang anak ataupun orangtuanya.

“Santun dan ramah selalu diperlihatkan petugas yang menjaga di Kids Library ini. Mulai saat saya datang disapa dengan ramah apalagi saat ditawarkan untuk membuat kartu keanggotaan perpustakaan. Jadi sangat tepat apabila para orangtua bingung kemana harus membawa anaknya mengisi liburan mending ke Kids Library saja,” papar Juhri.

Sementara itu, di tempat terpisah, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan, Nurliani Dardie, mengungkapkan bahwa selama libur sekolah pihaknya tetap membuka pelayanan perpustakaan baik dewasa maupun anak-anak.

“Selama libur sekolah, pelayanan tetap buka dan bisa dikunjungi sejak pukul 09.00 pagi,” papar Nurliani Dardie yang akrab disapa Bunda Nunung.

Apalagi, tambah Bunda Nunung, selama musim libur sekolah ini pihaknya melakukan penambahan blangko pendaftaran kartu anggota perpustakaan. Kal ini dilakukan karena diprediksi kunjungan anak-anak akan ramai.

“Ayo bagi orangtua yang bingung membawa anak nya mengisi liburan sekolah, bisa berkunjung ke Kids Library. Karena selain bisa bermain, juga menambah ilmu selama liburan dan yang pasti semuanya gratis baik itu parkir kendaraan, masuk ke perpustakaan dan bikin kartu anggota perpustakaan,” pungkas Bunda Nunung.(jejakrekam)

Penulis Balsy
Editor Almin Hatta

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.