PCTL Sering Tak Berfungsi, Dishub Banjarmasin Berdalih Proyek Swasta

0

TAK berfungsinya fasilitas pedestrian crossing light ( PCTL) atau tanda lampu pejalan kaki yang ada  di kawasan zebra cross atau penyeberangan jalan di kawasan Jalan Pengeran Samudera dan di muka Masjid Raya Sabilal Muhtadin, tak dipungkiri pihak Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Banjarmasin.

PADAHAL dua kawasan itu tergolong padat lalu lintas, terutama pada jam-jam sibuk. Khususnya di kawasan Jalan Pangeran Samudera, yang menghubungan kawasan Masjid Noor dengan Pasar Cempaka Raya.

Kondisi itu diakui Kepala Bidang (Kabid) Lalu Lintas Dishub Kota Banjarmasin, Slamet Bedjo dengan jejakrekam.com di ruang kerjanya, Jumat (27/12/2019).

“Masalahnya yang memasang PCTL di Jalan Pangeran Samudera itu pihak ketiga CSR yakni CV Budi Neon. Begitu juga, PCTL berada di Jalan Jenderal Sudirman di depan kawasan Madjid Raya Sabilal Muhtadin itu milik Dinas PUPR Kota Banjarmasin,” ucap Slamet.

BACA : Lampu PCTL Pengeran Samudera Kembali Tak Berfungsi

Ia mengungkapkan PCTL di kawasan Pangeran Samudera itu sering tidak berfungsi, akibat suplay power atau tenang listriknya hanya menggunakan daya listrik milik Masjid Noor. “Itu yang menjadi perdebatan bagi pengurus masjid itu,  sebab bendahara masjidnya menyetujui. Sedangkan pengurus lainnya tidak menyetujui,  makanya sampai saat ini PCTL itu tidak berfungsi lagi,” ucap Slamet.

Begitu juga, menurut dia, PCTL yang ada di kawasan Masjid Raya Sabilal Muhtadin itu terlalu dekat dengan lampu lalu lintas sehingga sangat membahayakan bagi penyeberang jalan. “Makanya, kami usulkan agar PCTL itu dipindah ke lokasi lain di kawasan itu,” ujar Slamet.

BACA JUGA : PCTL Tak Berfungsi di Jalan Samudera, Warga Lebih Nyaman Dibantu Pak Ogah

Ia memastikan pada tahun 2020, PCTL akan difungsikan dengan menggunakan anggaran APBD, khususnya pengadaan tenaga listriknya. Menurut Slamet, keberadaan PCTL juga harus disosialisasikan kepada para pengemudi mobil atau pengguna sepeda motor.

“Dengan begitu, para pengguna jalan mengetahui keberadaan PCTL untuk penyeberang pejalan kaki di kawasan Jalan Pangeran Samudera. Ini penting, karena tahun depan kami akan maksimalkan,” imbuh Slamet.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.