Berikan Beasiswa, Pemkab HST Cetak 25 Dokter serta Kaderisasi Ulama

0

DALAM upaya meningktakan Sumber Daya Manusia yang berkualitas (SDM) yang meliputi bidang kesehatan dan pendidikan, Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah merealisasikan program pemberian beasiswa kepada enam orang siswa yang kurang mampu namun berprestasi di bidang akademik dalam melanjutkan pendidikan di Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat (ULM) tahun anggaran 2019.

SEBELUMNYA sudah ada 19 orang mahasiswa yang memperoleh beasiswa kedoteran dari Pemkab HST dari angkatan tahun 2014 sebanyak 2 orang, angkatan 2015 sebanyak 3 orang, angkatan 2016 sebanyak 5 orang dan angkatan 2018 sebanyak 9 orang sehingga target yang dicapai sebanyak 25 orang yang menerima beasiswa di Fakultas kedoktoren sudah tercapai.

Bupati Hulu Sungai Tengah, HA Chairansyah melihat selama ini khususnya pada bidang kesehatan belum bisa memberikan pelayanan kesehatan secara maksimal kepada masyarakat dengan sebab utama Pemerintah Kabupaten kekurangan tenaga dokter khususnya pada puskesmas.

BACA: Pemkab HST Launching Logo Hari Jadi Ke-60 Kabupaten HST

Guna mengatasi permasalahan tersebut, diawal kepemimpinan bersama Abdul Latif membuat kebijakan dengan memberikan beasiswa terhadap puta dan putri Hulu Sungai Tengah terbaik yang lulus di fakultas kedokteran dan kurang mampu untuk diberikan beasiswa secara bertahap.

Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah berkomitmen meningkatkan sumber daya Manusia (SDM) khusunya pada bidang keagamaan dengan pemberian beasiswa kepada para santri santri berprestasi dari beberapa pondok yang ada di HST dalam melanjutkan belajar ke luar negeri khusunya di Timur Tengah.

Upaya tersebut guna kaderisasi dan regenerasi ulama yang nantinya akan mencetak generasi yang berjiwa agamis mampu menyeberluaskan agama Islam khususnya di Bumi Murakata.

Pada tahun sebelumnya, Pemkab HST sudah memberikan beasiswa kepada sembilan orang santri yaitu 7 orang ke Yaman dan 2 orang ke Mesir. Sedangkan pada 2019, ini kembali mengirim sebanyak 3 orang santri dengan tujuan yang sama 1 orang ke Yaman dan dua orang ke Mesir sehinga total beasiswa yang diberikan terhadap santri asal HST berjumlah 12 orang.

Bupati HST, HA Chairansyah berharap dengan program beasiswa kepada para santri yang menuntut ilmu di luar negeri tersebut setelah nantinya mereka selesai akan kembali ke daerah dan berdakwah sebagai upaya menyebarkan syiar syiar Islam di Bumi Murakata.(jejakrekam)

Penulis Asyikin/Rilis
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.