Saluran Drainase A Yani Dinilai Bermasalah, Dinas PUPR Sebut Bisa Kering Sendiri

0

SALURAN drainase di kawasan Jalan Achmad Yani ditengarai masih bermasalah. Ini terbukti, saat hujan deras, sisa limpahan air masih menggenang di bahu jalan tepat di saluran drainase trotoar A Yani.

KONDISI ini tak ditepis Kepala Bidang Jalan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Banjarmasin, Chandra kepada jejakrekam.com di Banjarmasin, Senin (16/12/2019).    

Menurut dia, air tersendat itu akibat sungai yang ada di sisi trotoar lebih tinggi daripada saluran air , sehingga air tertahan dan tak bisa disalurkan ke sungai. Chandra berdalih kondisi itu juga karena kontru tanah di Kota Banjarmasin lebih rendah 15 centimeter dari permukaan air laut.

BACA : Ada Genangan Air, Saluran Air Trotoar A Yani Dinilai Bermasalah

“Kalau air sungai surut, air yang tertahan di bahu jalan itu akan mengalir dengan sendiri. Sebenarnya, bukan hanya di kawasan Jalan A Yani, saat musim hujan seperti sekarang, banyak pula kawasan yang tergenang,” ucap Chandra.

Dalam hitungannya, paling banter hanya berdurasi 30 menit, setelah itu kering dengan sendirinya. Menurut Chandra, untuk pembuatan saluran air, pihaknya juga berkoordinasi dengan Balai Besar Jalan Nasional Kalimantan XI, sehingga sudah sesuai dengan kondisi Banjarmasin.

BACA JUGA : Baliho Melintang Di Atas Trotoar A Yani, Warganet Ramai-Ramai Angkat Suara

“Jadi, tidak ada masalah, walaupun ada masalah ya akibat debit air sungai yang lebih tinggi dari pembuangan saluran air itu,” katanya.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.