Kader Posyandu Memiliki Peran untuk Pencegahan Stunting

0

TIM Penggerak PKK bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan menggelar Jambore Kader Posyandu tingkat kabupaten Tahun 2019. Mengusung tema Jambore Kader Posyandu, Kita tingkatkan pemberdayaan dalam mewujudkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) dan menurunkan stunting, di Halaman Dinas Kesehatan Balangan, Sabtu (7/12/2019) lalu.

KETUA TP PKK Kabupaten Balangan, Nursidah Ansharuddin mengatakan, kegiatan ini dimaksudkan untuk menyampaikan bagaimana tugas para kader PKK di setiap desa dalam menjelaskan kepada masyarakat tentang pentingnya pencegahan terhadap stunting.

“Kader posyandu ini nantinya bisa menjelaskan kepada masyarakat bagaimana untuk pencegahan stunting, karena angka stunting di Kabupaten Balangan ini sangat tinggi sekali,” katanya.

BACA: Tambah Populasi, 10 Ribu Bibit Ikan Kembali Ditebar Di Paringin Dan Lampihong

Nursidah juga menyarankan untuk setiap orang tua yang memiliki anak balita, diharapkan agar selalu memeriksa kesehatan tubuh pada anak tersebut.

“Setiap orang tua yang memiliki anak balita tolong dibawa ke posyandu, dicek imunisasinya lengkap atau tidak, dan juga imunisasi itupun untuk mencegah penyakit yang akan datang ke tubuh anak itu sendiri, sehingga dia memiliki kekebalan daya tahan tubuhnya,” tambah dia.

Adanya jambore kader posyandu ini diharapkan dapat meningkatkan keterampilan dan kecerdasan para kader sekaligus sebagai persiapan untuk mengikuti lomba di provinsi.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Balangan, Ainun Faridah juga mengatakan, dengan adanya pelayan posyandu yang maksimal dan baik, diharapkan masyarakat dapat meningkat kesehatannya. “Terutama untuk ibu hamil, bayi dan balita didesa, dan sesuai dengan isu nasional kita mengenai penceMgahan stunting,” katanya.

Kegiatan yang diikuti oleh kader posyandu dari seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Balangan ini disertai dengan lomba penyuluhan, lomba menyusun menu PMT, lomba joget balon, lomba yel-yel, lomba penimbangan dan lomba cerdas cermat.(jejakrekam)

Penulis Gian
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.