Bernostalgia, Paman Birin Sambangi Desa Tatah Alayung di Batola

0

DERU motor trail dari kejauhan terdengar. Anak-anak dan warga kampung yang tadinya asik sendiri, sibuk menyiapkan diri menyambut tamu besar, yang akan segera tiba di desa mereka, Tatah Alayung. Suara motor makin nyaring, dan benar saja, orang yang mereka tunggu-tunggu sejak pagi, akhirnya muncul juga.

HARI ini Rabu (20/11/2019), orang nomor satu di Kalimantan Selatan berkenan mengunjungi desa mereka, yang terletak di Kecamatan Mandastana, Kabupaten Barito Kuala. Ya,.dengan mengendarai motor trail kesayangannya, Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor beserta rombongan, tiba di desa tersebut.

Tak hanya melakukan kunjungan semata, kedatangan gubernur yang biasa disapa Paman Birin ini adalah dalam rangka kegiatan Bakti Sosial Alumni UNISKA MAB Banjarmasin. Karena alasan itulah, kedatangannya ke desa ini tidak dengan tangan kosong. Bersama rombongan, Paman Birin membawa ratusan paket sembako, peralatan sekolah dan bantuan lainnya, untuk dibagikan kepada warga desa Tatah Alayung. Usai kegiatan, Paman Birin pun berkesempatan bernostalgia, dengan mandi di sungai desa bersama warga dan anak-anak.

BACA: Gunakan Trail, Sahbirin Noor Serap Aspirasi Masyarakat Banua

“Datang ke desa ini, saya jadi bernostalgia. Karena dulu saya juga pernah ke desa ini untuk kegiatan KKN saat saya masih mahasiswa UNISKA. Waktu itu, desa ini hanya dapat ditembus menggunakan perahu melalui sungai. Sekarang, jalannya sudah mulus, dan kendaraan roda dua maupun empat dapat langsung masuk ke desa,” ujar Paman Birin sembari mengingat-ingat lagi masa KKN nya di desa Tatah Alayung.

Lebih lanjut Paman Birin mengatakan, bahwa pembangunan bidang infrastruktur berupa jalan, sangat membantu bagi masyarakat yang tinggal di desa, salah satunya Tatah Alayung ini.

“Keberadaan jalan yang mulus, bahkan ini merupakan jalan nasional yang menjadi jalur alternatif menuju kawasan Banua Enam, memberikan manfaat sangat besar bagi masyarakat. Salah satunya meningkatkan perekonomian desa, yang kini dapat dengan mudah diakses melalui jalur darat,” ucapnya.

BACA JUGA: Turun Ke Pelosok, Paman Birin Ajak Masyarakat Gunakan Hak Pilih Di Pemilu 2019

Sementara terkait baik sosial sendiri, Paman Birin mengatakan, ini merupakan bagian dari rasa kesetiakawanan sosial yang ditunjukkan para alumnus UNISKA, kepada warga desa yang dulu sudah dengan sangat baik menyambut mereka, saat menjalankan KKN.

“Apalagi Desember nanti, kebetulan kita menjadi tuan rumah peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) tahun 2019. Sehingga kegiatan ini, juga menjadi salah satu contoh bagi kita semua, untuk terus berbagi dengan saudara-saudara kita yang memerlukan,” harapnya.

Panitia Pelaksana Bakti Sosial Alumni  UNISKA MAB Banjarmasin, Mugeni Ekky Hashim menjelaskan, kegiatan bakti sosial ini adalah agenda rutin pihaknya setiap tahun. Salah satu tujuannya adalah menggerakkan jiwa sosial para mahasiswa, dengan mencontoh para alumninya.

“Bakti sosial yang kita laksanakan kali ini, adalah dengan membagikan 252 paket sembako, peralatan sekolah untuk anak SD, bantuan untuk mushola berupa karpet dan genset, dan kitab suci Al-Qur’an, dan juga sunatan massal serta pemeriksaan kesehatan gratis.  Bahkan tadi Paman Birin juga ikut menyunat salah satu anak di sini,” tutupnya.(jejakrekam)

Penulis Iman S
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.