ACT Distribusikan 55 Ton Beras untuk Pesantren Prasejahtera

0

SEJAK diluncurkan pada 22 Oktober 2019 lalu, program Beras untuk Santri Indonesia (BERISI) dari Aksi Cepat Tanggap (ACT) telah didistribusikan hingga 55 ton beras ke berbagai pesantren di Indonesia.

PULUHAN ton beras ini diperuntukkan pemenuhan pangan santri-santri, khususnya mereka yang belajar di pesantren pedalaman daerah. Pendistribusian beras menjangkau 22 provinsi yang meliputi 51 kota/kabupaten dengan total 77 pesantren yang telah mendapatkan bantuan beras dari ACT.

“Pesantren-pesantren ini tersebar di Sumatra, Kalimantan, Jawa Sulawesi, Nusa Tenggara hingga Maluku. Sampai saat ini, beras telah mencukupi lebih dari 12 ribu santriwan dan santriwati,” beber Direktur Program ACT Wahyu Novyan.

Hingga saat ini, pendistribusian beras terus berlangsung. Misalnya, beberapa hari lalu ACT telah mendistribusikan 1 ton beras ke Pesantren Miftahul Bayan yang ada di Pandeglang.

Pengasuh pesantren Kiai Haji Mulyadi mengungkapkan, santrinya tak dipungut biaya untuk pendidikan di pesantren. Mereka secara gratis belajar di Miftahul Bayan. Per bulan, santri-santri hanya diminta untuk patungan membayar listrik yang mereka gunakan.

BACA : ACT-IKEA Kolaborasi Bangun Pusat Bermain Anak Terdampak Bencana di Lombok

Sukma dari Tim Program ACT Banten mengatakan, sebelum mendistribusikan bantuan beras, ACT Banten telah melakukan asesmen kepada pesantren.

“Pesantren ini masuk kriteria penerima manfaat program BERISI. Santri-santri di sini tak dipungut biaya pendidikan, fasilitas pesantren pun masih sederhana. Murid-murid masih tinggal di kobong sederhana. Mereka umumnya datang dari keluarga prasejahtera dari berbagai daerah, tak hanya dari Pandeglang saja,” tutur Sukma.

Selain di Pandeglang, pendistribusian beras di November ini juga dilakukan di Sumatera Selatan, Malang, Tegal, NTB dan lain sebagainya. ACT pun terus mengajak masyarakat untuk terlibat dalam kedermawanan untuk santri ini.

“Kami mengajak masyarakat terlibat dalam proses pemenuhan kebutuhan pangan santri di seluruh pelosok negeri,” ajak Wahyu.

BACA JUGA : Ketuk Kepedulian Dermawan, ACT Ajak Terus Bantu Rakyat Palestina

Hingga kini, ACT terus mengajak masyarakat dermawan untuk membantu para santri melalui program BERISI di berbagai kalangan. Sahabat Dermawan dapat berdonasi langsung melalui tautan www.indonesiadermawan.id.

Sehingga, kolaborasi ini menjadi rantai kebaikan positif yang berdampak besar untuk para mereka yang membutuhkan. #IndonesiaDermawan #BerasuntukSantriIndonesia.(jejakrekam)

Penulis Rilis ACT
Editor DidI GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.