Ada Tandu Jenderal Sudirman, Karnaval Hari Pahlawan Disambut Meriah

0

RIBUAN warga Kota Banjarbaru memenuhi depan Balai Kota, Jalan Panglima Batur Timur, Minggu (10/11/2019), untuk menyaksikan Karnaval Perjuangan dan Kejuangan Hari Pahlawan tahun 2019 yang dibuka dua pembesar Banua, Gubernur Kalsel Sahbirin Noor dan Walikota Banjarbaru Nadjmi Adhani.

SUGUHAN karnaval kolosal seperti menggambarkan tentara rakyat memanggul tenda Jenderal Besar Sudirman, panser Anoa Korem 101/Antasari hingga replikasi prosesi pemancungan pahlawan Perang Banjar, Demang Lehman.

Karnaval ini pun diikuti elemen masyarakat majemuk di Banjarbaru, mewakili etnis yang ada seperti dari Banjar, Dayak, Batak dan lainnya. Peserta pun dilepas Gubernur Kalsel Sahbirin Noor yang juga Ketua Dewan Harian Daerah (DHD) 45 Kalsel bersama Walikota Nadjmi Adhani dan para veteran pejuang serta pengurus DHC 45 Banjarbaru.

BACA : Peringatan Hari Pahlawan 10 November di Kabupaten Banjar

Dilepas dari Balai Kota, kemudian peserta memutar ke jalan protokol yang berada di seputaran Lapangan Murjani, Banjarbaru. Dihelatnya karnaval perjuangan dan kejuangan Hari Pahlawan 2019 ini disambut hangat Gubernur Sahbirin Noor. Menurut dia, sudah sepatutnya generasi sekarang mengingatkan kembali jasa besar para pahlawannya.

“Semoga kita bisa terus mengisi kemerdekaan buah dari perjuangan para pahlawan kota dengan sebaik-baiknya untuk membangun Banua dan bangsa ini,” kata Sahbirin Noor.

Paman Birin, sapaan akrab gubernur ini mengajak semua yang hadir untuk senantiasa mengirim doa untuk para pahlawan yang telah mengorbankan jiwa dan raga untuk generasi penerusnya.

BACA JUGA : Nonton Film Merah Putih Memanggil di Hari Pahlawan

Sementara itu, Walikota Nadjmi Adhani yang juga Ketua DHC 45 Kota Banjarbaru mengatakan kegiatan karnaval ini sebagai wujud syukur dan terimakasih kepada para pahlawan yang telah rela berkorban jiwa dan raga untuk kemerdekaan RI.

“Insya Allah, even semacam ini yang telah diapresiasi Paman Birin akan digelar tiap tahun. Alhamdulillah, di awal pelaksanaan mendapat respon positif dari masyarakat,” kata Walikota Nadjmi Adhani.(jejakrekam)

Pencarian populer:https://jejakrekam com/2019/11/10/ada-tandu-jenderal-sudirman-karnaval-hari-pahlawan-disambut-meriah/
Penulis Balsyi
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.