Kunjungi Dewan Pers, Pemkab Banjar Siap Gelar Uji Kompetensi Wartawan

0

PEMKAB Banjar siap menggelar uji kompetensi wartawan (UKW) guna meningkatkan profesionalitas para pemburu berita yang menjadi mitra dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat.

DINAS Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kabupaten Banjar bersama sejumlah awak media yang bertugas melakukan peliputan berita di Kabupaten Banjar melakukan kunjungan ke Dewan Pers di Jakarta, Rabu (6/11/2019).

Sejumlah persoalan dunia jurnalistik menjadi topik yang hangat didiskusikan dengan Dewan Pers. Persoalan besar yang dibicarakan di antaranya tentang upaya menciptakan wartawan yang profesional dalam menjalankan tugasnya.

BACA : PWI Gelar Safari Jurnalistik, Ingin Wartawan Indonesia Lebih Berkompeten

Anggota Dewan Pers, Asep Setiawan mengatakan, pihaknya terus berupaya memberikan yang terbaik agar para wartawan yang bertugas di lapangan menjadi lebih baik dan profesional. Wartawan senior mengatakan Dewan Pers selalu mengingatkan agar para wartawan yang bertugas di lapangan tetap bekerja sesuai dengan kode etik jurnalistik.

Selain itu, beber Asep, para wartawan yang bertugas juga harus mempunyai sertifikasi melalui uji kompetensi wartawan (UKW). “Kompetensi wartawan harus dimiliki agar bisa bekerja profesional dan menghasilkan produk jurnalistik yang baik dan benar,” ucap Asep.

Terpisah, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Banjar, Farid Soufian menyatakan, setelah mendengar penjelasan dari Dewan Pers tentang pentingnya seorang wartawan memiliki sertifikasi UKW, maka pihaknya berencana akan menggelar UKW.

BACA JUGA : AJI Balikpapan Gelar UKJ guna Ciptakan Jurnalis yang Kompeten dan Beretika

“Kami akan menyusun rencana dan menyiapkan anggaran agar para wartawan di Kabupaten Banjar bisa mengikuti UKW. Untuk itu, bisa bekerjasama dengan Dewan Pers, sehingga bisa menciptakan wartawan yang lebih profesional,” tegasnya.

Farid Soufian menyampaikan, dengan semakin baiknya kualitas wartawan di Kabupaten Banjar, maka akan berdampak pada semakin baiknya produk jurnalistik yang disampaikan ke masyarakat.

“Para wartawan adalah mitra pemerintah yang penting dalam menyampaikan informasi yang baik dan benar ke masyarakat,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Syahminan
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.